7 Kelebihan Kuliah Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)


Hallo sahabat infoptn.id. Apa kabar kalian semua ?, semoga sehat dan baik selalu yaa. Ok kali ini mimin akan share nih 15 Kelebihan Kuliah Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). yuk langsung saja.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah perguruan tinggi atau kampus yang dikelola oleh pemerintahan, baik langsung berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional ataupun departemen lain milik pemerintah. Sebelum menjadi mahasiswa di PTN sendiri ada 3 jenis seleksi masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri yang diadakan kampus setempat.

Ketika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka kebanyakan orang akan memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN), lantas mengapa banyak orang yang memilih PTN, pasti semua itu tentu ada alasanya, lalu apa yang menjadikan seseorang ingin masuk ke PTN, berikut admin rangkum;


1. Terakreditasi

Hampir semua PTN yang ada di Indonesia sudah ter-akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), baik akreditasi kampus ataupun program studi, mulai dari  akreditasi C hingga A. Akreditasi BAN-PT menjadi tolak ukur pada setiap program suatu institusi pendidikan secara publik untuk melihat mutu, kelayakan, kualitas, dan satuan pendidikan yang disajikan.

2. Biaya Terjangkau

Buat kalian yang lolos jalur seleksi SNMPTN, dan SBMPTN  rata-rata akan mendapatkan biaya kuliah yang sangat rendah. mulai dari uang kuliah tunggal, dll. Dengan kuliah di PTN akan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal. Biaya minimum yang dikeluarkan akan membantu orang tua kita mengatur keuangan keluarga. Jika keuangan keluarga bisa diminimalisirkan, kebutuhan lain bisa terpenuhi dan keuangan keluarga bisa terjaga tentunya.

3. Reputasi PTN Di Anggap Keren

Nah, siapa sih yang gak mau kampus kita di anggap keren dimata masyarakat ataupun perusahaan. tentu mau dong, hehe. Terkadang orang tua kita berkeinginan supaya kita masuk PTN, mungkin orang tua kita menganggap jika kita bisa masuk PTN nantinya akan mendapatkan pekerjaan yang bagus dan keren. Tapi ya ada benarnya juga sii. Karena jika kita bisa lulus dari PTN maka kedepanya mungkin akan mudah mencari pekerjaan. Karena biasanya perusahaan akan mencari lulusan atas nama PTN, apalagi PTN favorit.  Selain itu, PTN memiliki kredibilitas nasional bahkan internasional. Jika kita dapat memanfaatkan kesempatan itu sepenuhnya, maka kita akan melihat hasil yang tidak terduga, tetapi sekarang banyak PTS yang unggul juga.

4. Banyak Tersedianya Beasiswa

Dengan kamu bisa masuk di Perguruan Tinggi Negeri, nantinya kamu akan banyak berhadapan dengan beasiswa, yang nantinya beasiswa ini dapat meringankan biaya kuliah kalian, syukur-syukur bisa lebih buat uang jajan..hehe

5. Fasilitas Yang Lengkap

Nah ini dia mungkin yang kalian tunggu-tunggu, rata-rata kampus negeri memiliki fasilitas yang super lengkap dan mewah, fasilitas ini salah satunya akan mempermudah kamu dalam kegiatan belajar-mengajar.

6. Relasi Antar Mahasiswa

Relasi bisa diartikan sebagai hubungan. Hubungan yang dimaksud disini adalah hubungan antara mahasiswa. nantinya di PTN kalian akan menemui orang-orang yang berkompeten dibidangnya, nah ini menjadi kesempatan untuk kalian yang ingin menjalin bisnis sesuai dengan passions masing-masing. Relasi ini juga sangat penting setelah kalian lulus dari kampus nantinya.

7. Dosen Yang Kompeten

Para dosen yang ada di kampus negeri tentunya kompeten, karena mereka di rekrut melalui seleksi CPNS sesuai bidangnya.


Nah, mungkin itu ya, semoga bermanfaat.

Semangat