PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Kuota Terbanyak 2021


 Hallo sahabat infoptn.id, gimana kemarin UTBK nya?, semoga mendapatkan hasil yang maksimal ya, oh ya mimin punya kabar menyenangkan nih, bahwa ada Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang membuka banyak kuota untuk jalur mandiri tahun 2021 ini. PTN mana saja itu?, Oh ya sebelum itu mimin akan sedikit menjelaskan mengenai seleksi masuk di PTN, si PTN sendiri kita mengenal 3 jalur seleksi masuk, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri ya. Ok langsung saja kita bahas Kuota Jalur Mandiri PTN yaa...

Berikut Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka Jalur Mandiri Dengan Kuota Terbanyak di Tahun 2021

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia yang sering kita sapa dengan panggilan UI ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri favorit loh. Untuk kampus utamanya terletak di bagian utara Depok, Jawa Barar terpatnya di antara perbatasan Depok dengan Jakarta Selatan. UI membuka 3 jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri, untuk jalur mandiri UI bernama SIMAK UI, Kuota yang di berikan untuk jalur mandiri di Universitas Indonesia (UI) adalah 50%, waaw fantastis banyak banget.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jika kita bicara mengenai kampus ini rasanya kita mempunyai teknologi yang sangat canggih, ya kampus ITS namanya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang kampusnya terletak di Surabaya Jawa Timur, asal mula nama "ITS" mulai digunakan dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961). Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang mampu unggul di bidang sains dan teknologi, yang dapat mengangkat Republik Indonesia menjadi negara yang mampu berperadaban maju dan tinggi tentunya. ITS saat ini juga merupakan salah satu kampus favorit yang ada di Indonesia loh, untuk jalur masuk di ITS sendiri sama seperti jalur PTN pada umumnya yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri, untuk kuota jalur mandiri di ITS sangat fantastis juga  yaitu 50%. 

3. Universitas Airlangga

UNAIR atau Universitas Airlangga merupakan Perguruan Tinggi Negeri tertua di Surabaya, dan UNAIR ini termasuk PTN favorit top juga loh, di Unair saat ini terkenal dengan Fakultas Kedokteran Giginya yang super keren deh pokoknya. di Universitas Airlangga terdapat 3 kampus, yaitu kampus A, B, dan kampus C, 3 kampus tersebut semua terletak di Surabaya Jawa Timur. untuk kuota jalur mandiri di UNAIR sendiri sama dengan UI dan ITS yaitu 50%

4. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakah PTN yang ada di Indonesia, kampusnya terletak di Semarang Jawa Tengah. Kata Diponegoro sendiri diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda pada awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi para pendirian Undip. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Untuk jalur masuk seleksi di UNDIP sendiri yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, sedangkan kuota untuk jalur mandiri cukuplah banyak yaitu 50% juga.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS, ya kita sering menyebutnya dengan panggilan UNS, Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia yang berloki di Solo, Jawa Tengah. Kampus di Solo ini saat ini resmi berusia 45 tahun sejak berdirinya pada 11 Maret 1976. Dikutip dari laman resmi uns.ac.id, jumlah mahasiswa aktif per Oktober 2019 mencapai 38.410 mahasiswa. Kampus yang dahulunya merupakan gabungan dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Solo itu kini berkembang pesat menjadi 11 fakultas dan 1 Pascasarjana. Untuk jalur masuk di UNS ini sama dengan PTN pada umumya, sedangkan kuota jalur mandir UNS saat ini yaitu 50%.

6. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang sering kita sebut dengan panggilan UGM ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri top juga looh, UGM ini sangat populer dengan jurusan kedokteranya. Kampus ini berdiri pada 19 Desember 1949 didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universitas pada tanggal 16 Desember 1949. Kampus yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Kampus ini juga memiliki 3 jalur seleksi masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri, untuk kuota Mandiri tahun 2021 ini UGM sendiri memberikan kuota yang sangat banyak dari jalur seleksi lainya, khusus untuk jalur mandiri yaitu 40%.


Semoga bermanfaat,