8 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Sebaiknya Kamu Pilih sebagai Seorang Ekstrovert



Seorang ekstrovert sering kali dianggap sebagai seseorang yang terbuka, spontan, dan juga fleksibel. Secara naluriah, orang-orang ekstrovert memang tertarik pada interaksi sosial. Bagi mereka melakukan interaksi dengan lebih dari satu orang menjadi suatu sumber energi. Orang ekstrovert memang dikenal tidak suka lama menyendiri, sehingga mereka bisa dengan sendirinya mencari cara supaya berinteraksi sosial lebih banyak lagi.

Nah, dalam interaksi sosial itu banyak dari para ekstrovert yang suka menjadi menonjol atau bahkan menjadi pemimpin. Otomatis kepribadian ekstrovert yang seperti ini akan sangat kurang cocok jika ia harus dipaksa masuk ke dalam jurusan yang memaksanya untuk berlama-lama bergelut dengan dirinya sendiri. Tentu saja karena mereka akan jauh lebih gembira seandainya jurusan kuliah mereka cocok dengan karakter dasar mereka yang lebih suka berinteraksi. 

Berikut beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kamu sebagai seorang ekstrovert, karena di jurusan-jurusan ini bisa membuat para ekstrovert merasa nyaman untuk menimba ilmu.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini jelas meminta kamu untuk mampu menyampaikan pesan sesuai tujuanmu kepada lawan bicara. Karena disini kamu akan terlibat dengan banyak orang untuk memuluskan pekerjaanmu. Misalnya seorang wartawan diharuskan supaya pandai-pandai berinteraksi dengan aneka macam trik agar bisa menggali keterangan informasi apalagi dari narasumber yang tertutup.

2. Broadcasting

Jika kamu ingin mengasah kemampuan berbicara, jurusan broadcasting bisa menjadi pilihan yang tepat. Orang berkepribadian ekstrovert cenderung lebih aktif untuk berbicara daripada orang berkepribadian introvert. Di jurusan broadcasting ini kamu akan belajar dasar-dasar ilmu komunikasi, teknik vokal untuk presenting, dan bahkan tentang editing video dan gambar. Dengan mengasah kemampuan berkomunikasi di jurusan ini, kamu bisa mendapatkan peluang untuk bekerja di berbagai bidang terkait penyiaran termasuk televisi dan radio.

3. Public Relation

Kamu juga bisa memilih jurusan Public Relation (PR/Humas). Seorang humas wajib hukumnya untuk piawai membangun relasi dengan orang-orang lain sebanyak mungkin dan orang yang berkepribadian ekstrovert cenderung pandai bergaul. Dengan sifat ini, jurusan public relation akan sangat cocok untuk ditekuni. Didalam jurusan ini kamu akan diajarkan mengenai cara membentuk serta menjaga hubungan suatu organisasi atau instansi dengan pihak luar atau eksternal. Hubungan yang dimaksud bisa kerjasama, asimilasi, koalisi, maupun kekerabatan antar organisasi atau instansi. Dengan kepribadian ekstrovert yang kamu miliki, kamu dapat secara alami mengelola hubungan tersebut.

4. Marketing atau Pemasaran

Sebagai seorang calon pemasar, kamu akan terlatih untuk melakukan berbagai macam cara negosiasi. Seorang marketer mestinya harus hebat dan punya banyak siasat agar proyeknya gol. Hubungan yang dekat dengan klien adalah salah satu kunci agar tujuan itu bisa lekas tercapai. Tentunya seterlatih apapun seorang introvert ia akan butuh waktu lebih banyak untuk belajar bernegosiasi dengan halus ketimbang seorang ekstrovert yang memang dari sananya sudah pandai membangun hubungan.

5. Hubungan Internasional

Dilihat dari namanya saja jurusan ini tentu sudah mencerminkan kepribadian seorang ekstrovert. Tentu saja iya, karena Hubungan Internasional sangat erat kaitannya dengan hubungan antarnegara, sehingga sebagai orang berkepribadian ekstrovert, kamu bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasimu dengan menjalin hubungan yang baik di kancah internasional.
Banyak yang bisa dipelajari di jurusan ini seperti, ilmu tentang mengelola hubungan antarnegara, menjalin kerjasama dengan negara lain, bahkan pembahasan isu-isu global juga menjadi makanan sehari-hari di jurusan ini seperti kemiskinan, lingkungan, dan keamanan. Di jurusan ini kamu juga dapat menjadi pribadi yang peduli terhadap masalah-masalah nasional maupun internasional. Banyak lulusan dari hubungan internasional yang menjadi diplomat ataupun bekerja di Kementrian Luar Negeri.

6. Psikologi

Siapa yang tidak kenal dengan jurusan favorit satu ini sih? Seiiring berjalannya waktu peminatnya pun terus bertambah berbanding lurus dengan kesadaran akan pentingnya mental health yang semakin meningkat juga. Nah, di jurusan Psikologi kamu akan belajar dengan segudang jenis kepribadian dan karakter manusia yang berbeda-beda. Otomatis kamu pun akan belajar bagaimana cara menghadapi masing-masing dari mereka harus bagaimana. Kebutuhan ini tentunya sangat memerlukan kamampuan tinggi dalam membangun sebuah relasi sehingga diharapkan kamu dapat nyambung dengan siapapun orang yang sedang dihadapi. Mulai dari yang pendiam luar biasa bahkan hingga yang tidak bisa diam sama sekali. 

7. Pariwisata

Jurusan pariwisata adalah jurusan yang sedang berkembang cukup pesat dan lumayan cukup menjanjikan. Penuh dengan ilmu budaya dan beberapa ilmu yang menunjang lainnya seperti ekonomi, pemasaran, dan lainnya. Jadi, jika kamu kuliah mengambil jurusan ini kamu akan belajar banyak hal serta diharuskan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Di jurusan ini nantinya kamu akan berhubungan dengan para turis atau pengunjung di suatu tempat pariwisata dan juga mengenalkan tempat tersebut kepada para turis atau pengunjung.  Tidak hanya berkutat pada industri pariwisata saja, tapi ada beberapa industri lainnya juga yang membutuhkan ilmu-ilmu dari jurusan pariwisata diantaranya seperti industri perhotelan, perkulineran, agency travel, dan sebagainya.

Untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert jurusan ini jelas akan sangat menguntungkan karena sifat-sifat kepribadian ekstrovert sangat dibutuhkan dalam bidang pariwisata.

8. Pendidikan

Seperti yang kita ketahui, mengenyam pendidikan menjadi hak semua orang. Kalau kamu mengambil jurusan pendidikan maka kamu bisa membagikan ilmu kepada orang lain dan itu termasuk hal yang sangat baik.

Jurusan pendidikan termasuk jurusan yang sangat luas, cabang dari jurusan ini ada berbagai macam tergantung dari bidang studi yang menjadi fokus. Contohnya pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan seni rupa, pendidikan kesehatan jasmani, dan masih banyak cabang-cabang lainnya. Jika kamu mengambil jurusan ini, maka kamu akan mempelajari bagaimana cara memberikan ilmu kepada murid dengan efektif serta membuat suatu program pembelajaran dan lain-lain.

Tentu saja orang dengan kepribadian ekstrovert akan jauh lebih cocok dengan jurusan ini. Dengan menjadi pribadi yang mudah bergaul dan pandai berkomunikasi, kamu mempunyai modal lebih dibanding seorang introvert.

Nah, mungkin itu beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk kamu yang memiliki kepribadian sebagai seorang ekstrovert. Bagaimana, sudah yakin mau mengambil jurusan apa? Semoga bermanfaat.