Berikut 7 Rekomendasi Film Edukatif yang Wajib Kamu Tonton



Pendidikan merupakan salah satu hal yang cakupannya begitu luas serta bisa dengan mudah kita dapatkan dari berbagai sumber dan media, jadi tidak selalu hanya saat kita berada disekolah saja. Sebagai contoh, tidak sedikit film yang seringkali kita tonton itu mengangkat tema edukasi atau biografi para tokoh ilmuan ternama. Ternyata memang ada lho film-film bagus yang bisa kita saksikan untuk menambah wawasan. Mau tau apa saja? Langsung simak penjelasan berikut yuk terkait beberapa rekomendasi film edukatif yang wajib kamu tonton saat mengisi waktu luang atau libur akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Berikut 7 Rekomendasi Film Edukatif yang Wajib Kamu Tonton

     1. THE THEORY OF EVERYTHING

Film ini bisa dikatakan mirip dengan film Habibie & Ainun karena sama-sama menceritakan sebuah perjalanan hidup, yaitu seorang Stephen Hawking (fisikawan) yang jatuh cinta dengan teman kuliahnya. Namun, hubungan mereka sangat berliku karena keambisiusan Stephen Hawking terhadap dunia sains dan penyakit ALS (Amyothropic Lateral Sclerosis) yang ia derita di usia muda sehingga merusak saraf motoriknya sampai mengalami kecacatan atau tidak bisa bergerak serta berbicara secara normal. Akan tetapi, itu tidaklah menjadi suatu penghalang untuk ia terus melakukan banyak hal untuk menemukan berbagai teori yang kemudian sampai mendapatkan banyak perhargaan.

     2. INTERSTELLAR 

Buat kamu yang sering bertanya tentang luasnya alam semesta, tentang arti kita hidup di dunia, atau bagaimana semesta ini bermula. Menonton film ini mungkin akan menjawab beberapa pernyataan kamu. Pada sepanjang cerita penonton disuguhkan dengan pengetahuan-pengetahuan mengenai fisika. Sebut saja perbedaan waktu yang terjadi di bumi dan luar angkasa, penggambaran akurat tentang lubang hitam, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengerti jalan ceritanya, tapi percayalah semakin kamu paham maka kamu akan menikmati sejauh mana kerennya film tersebut.

     3. THE MARTIAN

Film ini menggambarkan seseorang yang bertahan hidup di Planet Mars yang merupakan sebuah adaptasi dari novel terkenal karya Andy Weir dengan judul yang sama. Difilm ini menceritakan sebuah kisah bertahan hidup seorang astronot karena tertinggal ketika dalam sebuah misi latihan di Planet Mars. Dalam film ini kamu akan melihat sebuah fakta ilmiah baru tentang ilmu pertanian di luar angkasa, pembagian kerja para astronot, ilmu survivals hingga detail waktu perjalanan ke luar angkasa.

     4. THE GREAT DEBATERS

Kamu suka debat? Kalau iya, wajib tonton film yang satu ini! Film ini diambil dari kisah nyata tentang diskriminasi warna kulit di Amerika kala itu dengan berlatar kisah sekitar pada tahun 1953 yang menceritakan sekolompok tim debat yang berjuang melawan tim-tim elite lainnya dan meraih posisi teratas. Dalam perjuangannya untuk menuntut kesetaraan hak, mereka harus dihadapi oleh isu-isu seperti isu rasisme dan konflik politik.

     5. THE IMITATION GAME

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Alan Turing seorang matematikawan jenius, ahli logika, kriptologi, dan ilmuan asal Inggris yang bertugas memecahkan kode teka-teki Jerman untuk membantu sekutu memenangkan Perang Dunia II. Namun, Alan merasa kesulitan saat berkerjasama dengan rekan-rekannya sehingga lebih memilih bekerja sendiri. Mesin pemecah kode Jerman yang ia ciptakan adalah mesin komputer pertama di dunia lho!

     6. THE SOCIAL NETWORK

Film ini menceritakan tentang kisah Mark Zuckerberg yang menciptakan media sosial sangat fenomenal, apalagi kalau bukan Facebook! Di awal film diceritakan bahwa Mark Zuckerberg muda masih kuliah di Harvard dan ia mempunyai seorang pacar bernama Erica Albright. Nah, Erica merupakan sosok yang sangat sederhana dan baik hati serta senantiasa mau mendengarkan cerita Mark yang sebetulnya membuat bingung. Itu mungkin karena aktivitas Mark yang seharian berada di depan laptop terus sehingga kurang tahu cara sosialisasi yang baik bagaimana. Akhirnya, semua obrolannya pun hanya seputar pemrograman, coding, dan sebagainya. Tidak lama setelah itu putuslah hubungan mereka dan Mark mulai membuat berbagai macam inovasi baru. Di dalam perjalanannya tersebut Mark sering bertemu dengan kegagalan, sehingga dari menonton film ini kita bisa tahu bagaimana cara menyikapinya supaya tidak mudah putus asa apalagi sampai menyerah saat ingin merintis sesuatu.

     7. THE MAN WHO KNEW INFINITY

Buat kamu yang suka matematika kurang afdol kalau belum menonton film satu ini! Berdasarkan kisah nyata, film ini bercerita tentang seorang mahasiswa miskin/kurang mampu dari India yang bisa melanjutkan studi di Universitas Cambridge sampai menemukan sebuah rumus matematika. Namun ternyata penemuannya diragukan, akhirnya ia berjuang keras agar penemuannya itu diakui oleh para ahli. Penasaran kelanjutannya seperti apa? Silakan tonton ya.

Nah, itu dia 7 rekomendasi film edukatif terbaik yang sebaiknya kamu tonton. Kamu bisa langsung menonton atau mendownloadnya terlebih dahulu melalui berbagai layanan streaming film, baik yang secara berbayar maupun gratis.