Cara Mendaftar SIMAK UI 2021 Menggunakan Beasiswa KIP-K


Cara Mendaftar Ujian SIMAK UI 2021 Menggunakan Beasiswa KIP-K.
 Seperti yang kalian ketahui bahwa seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yaitu SNMPTN, SBMPTM, dan Mandiri, nah Universitas Indonesia atau  yang sering kita sapa dengan UI merupakan salah satu PTN favorit yang ada di Indonesia, maka tak bisa dipungkiri bahwa untuk seleksi masuk ketiga jalur tersebut bisa dibilang cukup ketat, namun pada kesempatan kali ini mimin akan share tentang cara mendaftar simak ui tahun 2021 menggunakan kip-kuliah.

1. Buat Akun KIP-K Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun kip-kuliah di laman web resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, buat kalian yang masih bingung tentang tata cara pendaftaranya kalian bisa cari referensi di Google yaa. Pastikan pengisian form data diri dll sudah dalam status lengkap.

2. Kunjungi Laman SIMAK UI

  • Pendaftaran Akun Simak Ditahap pendaftaran akun ini silakan kalian kunjungi laman resmi http://penerimaan.ui.ac.id/ , jangan lupa untuk menyimpan atau mencatat username dan pasword kalian di tempat yang kalian anggap aman.
  • Login Setelah tahap pendaftaran selesai, silakan kalian login dengan akun SIMAK UI yang telah kalian buat tadi.
  • Pengisian Form Di tahap ini kalian nanti akan dimintai pegisian biodata dll, pastikan kalian mengisi form dengan lengkap dan benar.
  • Cari Menu KIP Kuliah Silakan kalian cari menu kip kuliah di laman simak ui  dan masukan nomor pendaftaran KIP Kuliah kaliah, setalah itu kalian tinggal menunggu hasil verifikasi.
  • Menunggu Verifikasi KIP-Kuliah Biasanya proses verifikasi maksimal 48 jam, peserta yang lolos tidak perlu membayar pendaftaran simak ui.
  • Memilih Program Studi Di tahap ini kalian bisa memilih program studi untuk melanjutkan pendaftaran ujian mandiri UI (SIMAK-UI)
Setelah mendaftar SIMAK UI menggunakan Kip Kuliah kalian akan mendapatkan kartu peserta ujian, yang mana di dalamnya terdapat nomor ujian, nomor ujian ini akan kalian gunakan untuk ujian simak ui nantinya, perlu di garis bawahi bahwa kalian wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera di kartu peserta yaa. Untuk pengumuman SIMAK UI nantinya akan diumumkan secara online juga.

Materi & Waktu Ujian SIMAK UI 2021

Setalah kalian melakukan pendaftaran SIMAK UI maka kalian akan menghadapi beberapa tahapan test, untuk tahun 2021 test yang di ujikan diantaranya;
  • Kemampuan MIPA yang terdiri dari (Matematika IPA, Fisika, Biologi, dan Kimia)
  • Kemampuan IPS yang terdiri dari (Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah)
  • Kemampuan Dasar yang terdiri dari (Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia)
Keterangan Tambahan:
- Peserta ujian IPS mengikuti ujian yang terdiri dari Kemampuan Dasar, dan Kemampuan IPS.
- Peserta ujian IPA mengikuti ujian yang terdiri dari Kemampuan IPA, dan Kemampuan Dasar.
- Peserta ujian IPC (Campuran) mengikuti keempat ujian di atas.

Terima kasih, semoga bermanfaat.