Kenali Lebih Dekat Jurusan Hubungan Internasional (HI)



Hallo sobat infoptn.id! Sebelum memilih program studi kuliah, tentunya harus disesuaikan dengan rencana pascastudi dan juga menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri, mulai dari kemampuan finansial sampai dengan kepribadian. Dengan begitu, bisa membuat kamu lebih fokus dalam kuliah dan mengejar cita-cita.

Khusus dalam artikel kali ini kita akan bahas lebih jauh mengenai program studi Hubungan Internasional. Kebetulan banget nih ya buat kalian yang masih bertanya-tanya. Apa sih itu jurusan Hubungan Internasional? Kajian pembelajarannya apa saja? Prospek kerja, hingga tugas kuliah dan kampus terkait. Terus, apa benar harus jago bahasa inggris? Yuk, simak terus ya!

Deskripsi Jurusan

Kuliah Hubungan Internasional menjadi program studi kuliah yang banyak dicari oleh calon mahasiswa/i baru yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat tinggi. Selain karena program studinya cukup bergengsi, prospek kerjanya juga bisa dibilang cukup menjanjikan dengan skala mencakup internasional. Alhasil, peminat jurusan inipun semakin besar. Sehingga, kini HI termasuk salah satu jurusan dengan passing grade yang cukup begitu ketat setiap tahunnya di hampir masing-masing universitas. 

Didalam jurusan Hubungan Internasional biasanya mengkaji atau membahas tentang suatu fenomena internasional yang terjadi di belahan dunia manapun serta sekaligus menyediakan interpretasi atau analisis lebih dalam. Entah itu tentang akar masalah kejadian, kenapa suatu fenomena bisa terjadi, sebab-sebabnya, kemudian selanjutnya dicari bagaimana solusi yang bisa menyelesaikan terkait masalah tersebut.

Dunia Perkuliahan

Disaat sudah memasuki dunia perkuliahan, pada jurusan Hubungan Internasional (HI) kamu dapat memahami berbagai masalah politik, ekonomi, dan kesejahteraan manusia yang terjadi di seluruh dunia, serta menjadi seseorang yang turut ikut serta dalam menjaga ketertiban dunia pada masa yang akan datang.

Selain itu, kamu juga harus mulai membiasakan diri untuk membaca buku dalam bahasa Inggris. Pada program studi HI, kamu akan banyak menjumpai dan mempelajari terkait hubungan internasional, entah itu dalam kebijakan, ilmu politik, dan lain sebagainya. Artinya, kamu akan banyak mencari tahu, membaca, dan mempelajari berita-berita internasional. Entah itu mengenai apa yang terjadi dengan dunia, Kenapa negara satu dan negara lainnya bisa berteman akrab, atau kenapa negara satu ini dan itu terlihat seperti bertengkar secara terus menerus.

Disisi lain Ilmu HI juga pastinya sangatlah dinamis, sehingga buku, jurnal, dan berita adalah tiga hal yang akan menjadi sahabat kamu selama berkuliah di HI. Membaca berita setiap hari merupakan hal yang sangat penting sekali. Walaupun terkesan membosankan, tapi jika didukung oleh kebiasaan kamu yang rajin membaca dan karena tuntutan untuk terus membaca juga, kamu akan memiliki wawasan yang lebih luas lagi, sebab pada hakikatnya kita perlu lebih banyak perspektif untuk dapat menyelesaikan masalah, kan?

Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa hampir semua tugas dalam jurusan HI itu berbentuk analisis. Tentunya dalam arti lain di jurusan ini kamu akan banyak sekali melakukan riset dan studi kasus. Biasanya dosen-dosen akan membuat sebuah forum diskusi untuk membahas mengenai isu-isu apa saja yang sedang terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus terbiasa untuk update seputar informasi atau fenomena internasional yang sedang atau sudah terjadi, akan tetapi masih menjadi perbicangan hangat. Maka, dengan begitu kamu akan lebih mudah mencerna isu yang sedang dibahas dan tentu saja dapat lebih menguasai forum diskusi lebih baik dibanding yang lainnya. 

Untuk kamu yang tertarik berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional, tentunya terlebih dahulu kamu harus mengenal apa saja mata kuliah yang akan dipelajari. Berikut beberapa mata kuliahnya, yakni:
Organisasi Internasional
  • Hukum Internasional
  • Teori Hubungan Internasional
  • Teori Politik Internasional
  • Diplomasi
  • Sejarah Diplomasi
  • Rezim Internasional
  • Studi Hubungan Kultural Dunia
Namun sebetulnya, tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan politik, kok! Kamu juga nanti akan belajar materi lain yang masih berhubungan dengan HI seperti organisasi-organisasi internasional, kebudayaan, bahasa asing, dan lain sebagainya.

Pasti nanti mau jadi Diplomat ya?

Dari sekian banyaknya pembelajaran Hubungan Internasional yang bisa kamu dapatkan di dunia perkuliahan bukan berarti sekadar bikin kamu jadi Diplomat saja. Siapa sangka, Bapak Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, merupakan seorang lulusan Hubungan Internasional juga di Universitas Brown, Amerika Serikat. Akan tetapi, pada awalnya ia lebih memilih untuk berkecimpung di dunia teknologi hingga sukses mengembangkan Gojek yang dikenal dengan aplikasi pemesanan Ojek Online. Selain itu, masih banyak lagi berbagai profesi yang bisa dipilih oleh para alumni HI dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. 
Berikut beberapa prospek kerja lainnya, seperti:
  • Politikus
  • Peneliti
  • Staff Kedutaan Asing
  • Staff Yayasan Internasional
  • Jurnalis
  • Konsultan Internasional
  • Government Relations Officers
  • Public Relations
  • Dosen

Mau kuliah HI tapi tidak lancar bahasa Inggris?

Ini salah satu hal yang sering banget menjadi mitos dari jurusan HI. Terdapat banyak anggapan yang berkembang dikalangan pelajar maupun mahasiswa, dengan catatan program studi lain, bahwa jika ingin masuk jurusan HI, maka mau tidak mau mereka harus bisa menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional. Padahal ini tidak sepenuhnya benar, meskipun mungkin memang literatur dan sumber-sumber akademis HI hanya tersedia dalam bahasa Inggris, karena kajian-kajian ilmiah HI di Indonesia masih minim sekali.

Namun, bukan berarti kamu yang dalam bahasa Inggris masih memiliki banyak kelemahan tidak bisa masuk di jurusan ini. Justru, dengan adanya komitmen yang kuat dan motivasi yang besar, berkuliah di HI bisa membantu kamu menguasai bahasa Inggris itu sendiri. Oleh karena itu, dalam arti lain, kamu tidak dituntut untuk jago bahasa Inggris kok, yang terpenting kamu bisa mengerti dan mampu memahami kalimat – kalimat dalam bahasa Inggris. Apalagi sekarang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau menjadi mahasiswa jurusan HI itu pasti akan sering berkutat dengan literasi berbahasa Inggris. Bahkan, tidak hanya di jurusan HI saja kok, sebagian besar di jurusan lain juga pasti beberapa menggunakan literasi berbahasa Inggris.

Seiring berjalannya waktu kamu juga akan belajar dengan sendirinya. Stereotip tadi itu mungkin hanya sebagai efek sampingnya saja. Karena hal yang begitu amat penting dan ditekankan di HI sebenarnya adalah seberapa kamu bisa kritis terhadap hal-hal apa saja yang terjadi di dunia internasional.

Kampus Terkait
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Jember
  • Universitas Riau
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Nah, kurang lebih begitulah sekilas penjelasan mengenai jurusan Hubungan Internasional. Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu jurusan Hubungan Internasional dan dunia perkuliahannya? Bagaimana, apakah kamu sudah yakin untuk memilih kuliah Hubungan Internasional? Untuk informasi selengkapnya silakan bisa langsung kamu cek melalui websites masing-masing universitas.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk senantiasa belajar, berdoa, dan juga berusaha mempersiapkan semuanya. Semangat!