Keseruan Mengambil Jurusan Sistem Informasi Saat Kuliah



Di zaman yang serba canggih ini internet kini merupakan suatu kebutuhan pokok setiap individu, beriringan dengan itu kebutuhan pengguna internet saat ini meningkat secara signifikan, mulai dari bekerja, belajar, main game semua membutuhkan koneksi internet. Nah disini kita akan membahas apa saja keseruan mengambil jurusan sistem informasi saat kuliah.

Kuliah di jurusan sistem informasi berarti kamu siap mempelajari tentang ilmu komputer, manajemen, dan juga bisnis. Di jurusan ini, mahasiswa akan diperkenalkan dan mempelajari bagaimana cara melakukan identifikasi suatu kebutuhan serta proses bisnis yang ada pada perusahaan sesuai dengan data.

Lalu, mahasiswa wajib mampu membuat atau merancang sebuah sistem sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan mengambil jurusan ini, sobat akan lebih dari sekedar belajar teknik pemrograman (coding), tetapi juga akan belajar proses bisnis dalam suatu perusahaan. Di jurusan sistem informasi kamu tidak akan terlepas dari komputer, intinya disini kita akan menggabungkan teknologi dengan bisnis.

Sebagai jurusan satu katagori dengan Ilmu komputer dan Teknik Informatika, kamu akan belajar banyak hal tentang hubungan yang melibatkan bisnis dengan teknologi, kamu juga akan belajar membuat sistem data dalam jumlah yang besar, namun tepatnya hasilnya berupa informasi. Informasi tersebut penting untuk mengambil keputusan perusahaan.

Nah berikut adalah beberapa contoh mata kuliah ketika mengambil jurusan ini:
  • Jaringan komunikasi data
  • Manajemen proyek data
  • Analisis dan perancangan sistem informasi
  • Manajemen sistem informasi
  • Proyek pengembangan sistem informasi
  • Dan masih banyak lagi tentunya.
Banyak ilmu yang dapat diperoleh dengan masuk ke dalam Prodi SI, diantaranya yaitu ilmu mengelola software, perancangan sistem, ilmu bisnis serta manajemen. Dalam Prodi Sistem Informasi, kamu juga akan diarahkan untuk mengembangkan, memanfaatkan, serta mengelola software maupun hardware yang ada di dunia bisnis maupun perseorangan. Hal ini tentunya akan menjadi aspek yang sangat penting ketika perancangan sistem informasi dan pengelolaannya di lapangan kerja. 

Berikut Keseruan Jurusan Sistem Informasi
  1. Algoritma dan pemrograman akan membuat kamu makin kreatif.
  2. Akan sering berdebat dengan teman-teman karena masalah pemrograman.
  3. Sering menganalisis data.
  4. Teori organisasi, manajemen, akuntansi, sampai undang-undang akan menjadi makanan kamu sehari-hari.
  5. Kalian akan lebih akrab dengan tiga komponen yaitu data, proses, dan output, sehingga hal ini kan membuat kamu makin asyik dalam belajar.
  6. Anak sistem informasi sering disamakan dengan anak teknik informatika, padahal sebenarya nggak sama banget, tapi ada benarnya juga karena sama-sama membahas mengenai teknologi
  7. Di semester awal kamu nggak akan menemui mata kuliah kimia dan fisika.
Mungkin itu ringkasan mengenai keseruan ambil jurusan sistem informasi, terima kasih.
Semoga bermanfaat.