3 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Tanpa Modal



Hallo sobat infoptn.id, bagaimana nih kabar kalian semua? semoga selalu dalam lindungan-Nya yaa.

Mungkin pernah terlintas di benak kalian tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan, sedangkan kita masih kuliah dan belum ada modal untuk memulai sebuah bisnis,  emang bisa? tentu bisa dong. Berikut infoptn.id merangkum 3 bisnis yang cocok untuk mahasiswa tanpa modal.

1. Dropshipper

Mungkin diantara kamu sudah tidak asing dengan yang namanya Dropship ini, keunikan dari dropship ini adalah kita tidak perlu stock barang untuk menjual ke seller, kok bisa? tentu dong, ok mari kita bahas pengertian dropship terlebih dahulu, Dropship adalah type menjual barang dimana kita hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain atau pihak lain tanpa kita beli terlebih dahulu (nyetok barang), disini kita hanya meneruskan barang yang telah dipesan sebelumnya ke supplier atau distributor, setelah itu supplier akan mengirim barang yang telah dipesan oleh sang pembeli, disini kita seolah-olah memliki toko online pribadi (padahal tidak sedemikian).

Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis Dropship ini sangat cocok untuk mahasiswa atau pelajar, selain tanpa perlu modal, bisnis ini juga termasuk golongan bisnis freelance. Seseorang yang menjalankan bisnis ini hanya perlu promosi lewat akun sosial media masing-masing, misalnya memajang foto barang di story WhatsApp,  nah ketika customers ingin membeli, kamu hanya perlu memberitahukan supplier/distributor untuk mengirim barangnya, dan tentunya menggunakan nama toko online milik kamu sendiri dong. Lalu  pertanyaanya dari mana kita mendapat keuntunganya? jadi keuntungan sendiri bisa kita dapatkan dari selisih harga yang diberikan supplier, misal dari supplier harga jual per barang yaitu  Rp 80 ribu, dan kamu jual kembali Rp 85rb, nah dengan begitu kita bisa mendaptkan keuntunagnjya ya sob.

2. Tutor Les

Turor Les atau yang sering kita sebut dengan Les Privat adalah bisnis yang cocok untuk Mahasiswa atapun pelajar njuga tentunya. Guru les privat adalah suatu profesi yang mana seseorang melaksanakan kegiatan mengajar,  disini perbedaan dengan guru umum adalah ruang lingkup belajarnya, guru les privat umumnya mengajar di lingkup ruangan yang lebih kecil dan jumlah murid yang bisa dibilang sedikit. Lalu siapa yang bisa menjadi Tutor Les atau Les Privat? umunya untuk menjadi Tutor Les diperuntukan  bagi seseorang yang mempunyai skill atau kemampuan dibidang tertentu, misal ahli IT, Matematika, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Bisnis Tutor Les termasuk jenis usaha atau jasa dibidang pendidikan , tentunya prospek untuk bisnis ini juga sangat menjanjikan lohh. Menjadi seorang Tutor Les tentunya mempunyai kebahagiaan tersendiri, karena dapat membantu orang lain supaya mengerti materi-materi yang telah kita sampaikan dan kita ajarkan.

3. Penulis Freelance

Nah yang nomor tiga ini bisa kamu kerjakan dimanapun nih, baik dirumah, kampus, bahkan saat kamu bermain  ke rumah temen sekalipun masih tetap dapat kamu jalankan. Bisnis ini cocok banget buat kamu yang hobi menulis, perlu diketahui tak banyak dari mereka yang mempunyai keahlian dibidang menulis artikel ini, oleh sebab itu bisnis penulis online ini sangat menjanjikan, kamu dapat mencari sesorang yang membutuhkan tulisanmu supaya dapat di publishkan disitusnya, atau jika kamu memiliki kemampuan SEO & Optimasi keyword kamu dapat membuat situs berdomain sendiri sob, tapi untuk beli domain sendiri kamu harus rela untuk mengeluarkan sedikit uangmu ya sob.

Mungkin itu rekomendasi 3 bisnis yang cocok untuk mahasiswa tanpa modal, jika kamui mampu mencari uang tambahan,  yaa kenapa nggak gitulooh. itung-itung untuk meringankan beban orang tua kan. Semoga bermanfaat.