5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menumbuhkan Minat dalam Membaca



Pada dasarnya, saat membaca kita akan menangkap sebuah informasi kemudian kita masukan ke dalam diri kita. Lalu, ketika informasi itu positif dan baik alias bagus maka informasi itu bisa meningkatkan kualitas kita menjadi lebih baik lagi tentunya.

Namun, ketika mulai membaca buku baru beberapa menit pikiran sudah berlompatan memikirkan hal yang lain. Siapa yang pernah merasakan hal seperti itu? Sering kali hal tersebut membuat kita malah jadi malas membaca karena rasanya susah sekali berkonsentrasi pada bacaan yang sedang kita baca.
Bahkan, negara kita sendiri Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki minat baca termasuk ke dalam kategori rendah karena pada tahun 2016 itu pernah dilakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa Indonesia masuk ke dalam daftar ke-60 dari 61 negara yang diteliti. Berarti dengan demikian kita bisa menyatakan bahwa negara kita ini termasuk negara yang rendah minat dalam membacanya.

Oleh sebab itu, disini kita akan bahas tentang bagaimana sih cara meningkatkan minat membaca karena bahwasannya membaca itu sangat penting.

1. Senantiasa Haus terhadap Ilmu

Membaca ini sebenarnya sumbernya dari mana sih? kenapa kok kita mau nyari buku? kenapa kok kita mau membaca buku? Itu sumbernya dari mana? Nah, sumbernya adalah dari rasa haus kita sendiri. Ketika kita berusaha mencari informasi dengan membaca buku maka jelas akan ada rasa penasaran atau haus akan ilmu.

Siapapun itu, ketika di dalam pikirannya selalu ditanamkan bahwa kita adalah orang yang butuh ilmu, orang yang membutuhkan informasi, orang yang masih minim pengetahuan dan wawasan, maka akan ada atau akan muncul sebuah keinginan untuk bagaimana kita itu mau membaca.

Kita itu butuh ilmu dan satu-satunya cara terbaik adalah membaca. 

2. Mulailah dari Genre Favoritmu

Banyak teman yang kadang-kadang liat temannya yang lain membaca buku tentang A misalkan atau tentang B katakan seperti itu. Dia ikut-ikutan membaca padahal itu buku bacaannya yang sama sekali tidak ia sukai. Ini yang harus kita pahami bersama-sama mengapa kita kadang-kadang suka malas bahkan tidak mau membaca.
So, lebih baik terlebih dahulu kita tentukan sukanya dibidang apa sih. Maka dengan sendirinya kalau sudah jelas buku tersebut kita sukai dan sesuai dengan bidang kita. Maka tidak akan ada kata-kata malas lagi didalam diri kita untuk membaca. Abaikan saja apabila ada yang mengejek pilihan bacaan kamu karena dianggap tidak keren. Daripada kamu membaca buku bukan daripada passion hanya sekadar ikut-ikutan orang. Jadi dari sekarang tentukan buku yang kamu sukai maka kamu akan lebih rajin membaca.

3. Meluangkan Waktu untuk Membaca

Kita harus bisa mendisiplinkan diri kita meluangkan waktu untuk membaca, bukan membaca di waktu luang. Tentunya kita semua pasti memiliki waktu luang setiap harinya, kan? Tidak mungkin full dari pagi sampai malam kita bekerja atau beraktivitas. Pasti ada waktu yang sebaiknya digunakan untuk membaca.

Membaca buku ini butuh niat untuk diluangkan, bukan ditunggu. Berapa menit pun tidak apa, yang penting asal dalam waktu setiap harinya itu ada informasi ada ilmu yang masuk di otak kita. Bayangkan seperti ini, dengan setiap hari ada informasi atau ilmu-ilmu baru yang masuk, maka akan bisa meng-upgrade otak kita menjadi lebih baik lagi.

4. Bergabung dengan Komunitas Pencinta Buku

Dorongan ini masuk ke dalam faktor eksternal. Peran komunitas tersebut cukup penting dalam mengembangkan minat. Ada banyak sekali komunitas literasi, kemudian orang-orang yang senang atau gemar membaca, itu coba kamu dekati. Mereka bisa memotivasi kamu untuk sama-sama membaca. Dengan demikian, semangat kamu untuk membaca buku akan semakin meningkat.

5. Membuat Target Bacaan

Target ini adalah aturan yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri. Buatlah target sebelum mulai membaca dengan tujuan menjaga konsistensi. Misalkan seperti ini,  dalam kurun waktu satu minggu itu harus bisa menyelesaikan tiga bab atau satu buku lebih baik. Nah, target tersebut akan terus mendorong kita untuk berusaha membaca setiap hari. Ketika kita sudah bisa melihat target itu, kita akan berpikir bahwa kita punya target dan tujuan, jadi harus membaca. 

Tidak perlu memaksakan diri membaca buku tebal kalau memang tidak suka isinya atau gampang bosan. Membaca sebentar-sebentar juga itu lebih baik daripada langsung dalam waktu yang lama, tapi tidak paham isinya.


Demikianlah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan minat dalam membaca. Harapannya semakin banyak lagi orang yang mau dan gemar membaca mulai dari sekarang. Jangan lupa juga untuk selektif dalam memilih bacaan yang akan dibaca, sebab kualitas kita besar itu ditentukan oleh bagaimana kita memasukan informasi ke dalam diri kita.