7 Jurusan Saintek Dengan Gaji Yang Cukup Tinggi Untuk Lulusan Sarjana (S1)



Wahh kali ini kita ngomongin gaji nih, siapa sih yang nggak mau di gaji besar setelah lulus sarjana?, saya yakin pasti sebagian besar orang tentu mau dong mendapatkan gaji yang cukup besar. Tapi perlu diketahui ada beberapa orang yang tidak mau di gaji besar looh, siapa itu? yaitu orang-orang yang memilih kerja sesaui passion, yang mana ia akan menikmati pekerjaan  tersebut meskipun gajinya pas-pasan, ia beranggapan bahwa gaji adalah bonus. Ada juga orang yang tidak mau digaji besar karena tekanan pekerjaan, nah semua itu kembali ke diri  kita masing-masing ya sob.

Nah berikut rekomendasi jurusan yang memiliki gaji yang bisa dibilang cukup besar versi infoptn.id. Dibawah ini akan minfo urutkan dari nomor satu sampai tujuh  ya gans, perlu diingat bahwa yang nomor satu bukan berarti pasti memiliki gaji yang paling tinggi, sedangkan yang nomor tujuh memiliki gaji yang paling rendah, bukan seperti itu ya sob, semua ini hanya menurut beberapa survey dan acuan saja, tent semua itu kembali ke diri kita masing-masing ya.

Berikut 7 Jurusan Saintek Dengan Gaji Yang Cukup Tinggi Untuk Lulusan Sarjana (S1)

1. Kedokteran

Tak bisa dipungkiri bahwa gaji lulusan kedokteran ini cukup besar, sebanding dengan biaya saat menempuh pendidikan. Selain gajinya besar pekerjaan ini bisa dibilang cukup mulia. Lalu berapa gaji rata-rata untuk lulusan kedokteran ini?, gaji rata-rata dokter umum dan PNS baru (Gol IIIA) yaitu 5-10jt perbulan.

2. Teknologi Informasi

Nahh jika kita ngomongin IT seolah-olah kita dapat menggenggam dunia yaa. Jadi dijurusan ini banyak cabangnya, diantara lain yaitu jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Teknik Komputer. Gaji rata-rata untuk awal lulusan IT Rp 7-15jt non PNS freshgraduate, kalau yg PNS sii sesuai golongan yaa tentunya.

3. Teknik Perminyakan

Negara Indonesia selain terkenal keindahan alamnya juga kaya akan energi. Di jurusan ini kamu akan berfokus dengan tambang, gas, minyak, dan panas bumi, yang meliputi kegiatan eksplorasi, pengeboran, ekonomi migas, dan distribusi. Gaji untuk fresh graduate berkisaran Rp 4-7jt perbulan.

4. Aktuaria

Di Indonesia sendiri saat ini baru sedikit  yang menyediakan jurusan Aktuaria, jadi masih tergolong baru. Untuk Jurusan ini baru saja dibuka serentak oleh 4 PTN pada tahun 2018 silam. Ketika baru dibuka pendaftarannya, Aktuaria juga langsung mendominasi jurusan dengan passing grade nilai UTBK tertinggi di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), berdasarkan data  pada SBMPTN 2019.

Pertama kalinya Dimulai sebagai profesi Actuarial Analyst, gajinya yaitu berkisar Rp 4-7 juta per bulan.  Setelah dapat lulus lima mata ujian sertifikasi, seorang Actuarial Analyst  dapat menjadi Associate yang memenuhi ASAI  dengan gaji sekitar Rp 9-25 juta per bulan.

5. Teknik Nuklir

Ngomongin soal Teknik Nuklir nih, mungkin sebagian masyarakat mempunyai stigma bahwa tentang teknik nuklir itu banyak yang negatif. Nuklir itu pasti dikaitkan dengan bahaya, padahal tidak sepenuhnya benar kan. Mungkin Orang-orang belum pada tahu nih nuklir itu apa, Nuklir sendiri berasal dari kata nuclear yang berarti inti atom. Jadi kita belajar memanfaatkan sifat-sifat-sifat inti atom itu sendiri. Salah satunya radiasi.

Untuk gaji lulusan Teknik Nuklir sendiri bisa tergolong  besar, karena sebanding dengan risiko dan tanggung jawabnya ya sob, jadi tak heran profesi di bidang ini memiliki gaji yang cukup tinggi yakni berkisar 15-25jt setiap bulannya.

6. Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai pesawat dari segi mesin, teknik dan teknologi. Dengan mengambil jurusan ini, kamu bisa berpeluang untuk melakukan sebuah inovasi di bidang penerbangan itui sendiri. jika kamu sangat tertarik mempelajari ilmu kepesawatan tanpa harus sekolah pilot? Jurusan inilah solusinya. 

Gaji teknik penerbangan untuk pemula atau fresh graduated, besaran gajinya dapat mencapai angka Rp 5.000.000 atau lebih tergantung dengan skill dan jam terbang pesawat.

7. Teknik Kimia

Teknik Kimia yakni merupakan jurusan ilmu teknik yang mempelajari sebuah proses yang di lakukan dari berbagai bahan mentah menjadi sebuah produk komersil, dengan memanfaatkan proses-proses kimia yang ada. Jurusan Teknik Kimia lebih berfokus pada proses exchange bahan baku menjadi sebuah produk. Gaji yang didapatkan untuk fresh graduate mulai dari Rp. 5 juta perbulanya.


Nah mungkin itu ringkasan mengenai 7 Jurusan Saintek  Dengan Gaji Yang Cukup Tinggi Untuk Lulusan Sarjana (S1)