Apasih Jurusan Data Science itu? - Berikut Ringkasanya



Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini mulai bermunculan jurusan kuliah yang baru. Nah salah satu jurusan kuliah yang baru saat ini adalah Data Science. Dimana jurusan kuliah yang satu ini sudah mulai diminati oleh banyak calon mahasiswa baru. Namun sebenarnya apa sih jurusan Data Science ini?

Apa Itu Jurusan Data Science?

Data Science merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang seperti apa nantinya cara mengolah serta menginterpretasikan data berdasarkan formula statistika dan juga bagaimana cara menggunakan bahasa pemrograman atau tools yang tepat untuk melakukan pengolahan data. Dimana saat ini Data Science tersedia untuk menjadi peminatan dari program studi Teknik Informatika, Statistik, Sistem Informasi dan juga Matematika.

Saat kita belajar tentang Data Science, nantinya kita akan memperoleh data yang terstruktur dan juga tidak terstruktur. Contoh dari data terstruktur adalah data keuangan dan juga data demografi. Sementara untuk data yang tidak terstruktur adalah seperti foto, video, email dan data-data lainnya.
Untuk anda yang senang memecahkan serta menganalisis masalah, maka jurusan Data Science ini sangat cocok untuk anda minati. Dimana ilmu yang akan anda dapatkan pada jurusan ini memiliki sifat multidisipliner atau tidak hanya berfokus terhadap satu bidang saja.
Disini kalian tidak hanya akan belajar statistik, tapi kalian juga akan belajar tentang bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menggali data.

Apa Yang Kita Pelajari Jika Mengambil Jurusan Data Science?

Saat kita memilih jurusan Data Science di perguruan tinggi, nantinya kita akan belajar tentang bahasa pemrograman, terlebih pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk penambangan data atau sering dikenal dengan istilah data mining. Pengolahan serta interpretasi data tentunya juga akan membutuhkan ilmu matematika dan statistika.

Sebenarnya jurusan data science ini memang mempelajari segala hal. Bahkan mahasiswa dari jurusan ini juga harus mempelajari terkait bagaimana sih etika dan cara melakukan komunikasi yang baik supaya nantinya hasil dari pengolahan data yang didapatkan bisa disampaikan dengan baik kepada audiens.

Prospek Kerja Dan Masa Depan Kuliah Jurusan Data Science

Sekarang ini profesi menjadi seorang Data Scientist serta seorang analis data menjadi salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan di berbagai industri atau perusahaan. Misalnya saja seperti Google yang menjadi perusahaan teknologi digital tentu saja memerlukan tenaga ahli yang dapat mengolah serta menginterpretasikan Big Data atau data dalam jumlah yang besar dan tidak terstruktur.
Berbagai macam industri lainnya misalnya seperti jasa, manufaktur dan juga perbankan tentu saja memerlukan seorang analis data yang handal. Oleh sebab itu prospek kerja dan masa depan dari jurusan Sains Data ini sangat terbuka.

Kampus Yang Membuka Jurusan Data Science

Nah lalu dimana kita bisa kuliah mengambil jurusan Data Science? setelah kita mengetahui peluang serta prospek masa depan dari Data Science ini tentu saja kita akan langsung tertarik untuk mengambil jurusan Data Science kan? Berikut adalah beberapa kampus atau perguruan tinggi di Indonesia yang sudah membuka jurusan Data Science;
Universitas Indonesia
Universitas Negeri Jakarta
Universitas Gadjah Mada
Universitas Multimedia Nusantara

Nah itulah informasi tentang jurusan kuliah Data Science yang mungkin anda sendiri tertarik untuk mengambil kuliah jurusan tersebut dengan prospek kerja yang terbuka lebar.