Asah Skill Membaca dengan Teknik 4T - Cara untuk Bisa Lebih Ingat Ketika Baca Buku



Hallo sobat infoptn.id, pernah gak sih kalian ngerasa padahal udah selesai dibaca bukunya, tapi kok lupa? Atau justru sering? Terus, kalo misalkan habis dibaca lupa lagi, ngapain baca buku donggg?! Oke, kali ini minfo mau bahas cara supaya apa yang kalian baca itu pahamnya gak cuma pas baca buku doang tapi bisa terus diinget, hehe.

Sebelumnya, membaca itu memang merupakan salah satu dari sekian banyaknya skill yang mesti dimiliki oleh setiap orang. Entah itu baca buku sekolah, komik, novel, koran, majalah, dan masih banyak lagi. Orang-orang tetap membaca meskipun kayaknya udah gak sebanyak dulu, penyebabnya karena perkembangan zaman juga yang emang udah canggih serba menggunakan teknologi. Bahkan, mungkin bagi sebagian atau beberapa orang pastinya ngerasa butuh dorongan atau paksaan lebih supaya mau baca, tapi yang lebih utamanya sih inget dan ngerti dari hal apa aja yang udah dibaca meskipun itu cuma dikit doang.

Terlepas dari itu semua, yang jadi akar masalah sebenernya bukan dari sulitnya bacaan apa yang dibaca, melainkan gimana cara yang dipake pada saat membaca, apakah itu efektif atau nggak. Jadi, sebisa mungkin harus bisa punya habit membaca untuk ngebantu kalian ngerti atau lebih memahami dari setiap hal isi bukunya.

Nah, untuk mengatasi beberapa masalah yang udah disebutin tadi, ada Teknik 4T yang bisa sobat infoptn.id terapkan lho pada saat membaca, pastinya supaya lebih mempermudah dalam membaca serta memahami dan tahan lama juga dalam ingatan.

1. TUJUAN

Pada dasarnya setiap akan melakukan sesuatu hal atau apapun itu harus memiliki arah dan tujuan yang jelas, jangan sampai malah gak jelas seluk beluknya kayak gimana. Seperti halnya sama dengan membaca buku, sebelum membaca harus tentukan tujuannya dulu. Maksudnya gimana? Jjadi lebih ke kayak kalian misalnya harus bisa jawab beberapa pertanyaan, “Kenapa baca buku itu? Apa yang dicari? Buat apa manfaatnya” dan lain sebagainya sehingga tidak salah dan lebih selektif juga dalam memilih buku bacaan.

2. TANYA

Setiap belajar hal baru diusahakan jangan asal langsung percaya tanpa kalian tau dulu faktanya seperti apa termasuk pada saat membaca, misalkan kalian bisa tanya ke diri kalian sendiri, “Kenapa harus pelajari dan percaya ilmu dalam buku ini? Gimana cara nanti untuk terapin ilmunya? Kira-kira kapan waktu yang paling deket untuk terapin ilmunya itu?”. Dengan begitu, bisa membuat kalian lebih yakin terhadap apa yang akan dibaca.

3. TANDAI

Mungkin nggak setiap orang suka dengan hal satu ini, tapi percaya deh setiap ada point menarik dari buku yang sedang kalian baca terus dikasi tanda atau highlight itu bisa membantu kalian supaya semakin ingat dan mudah dilihat pada saat akan dicari lagi nantinya. Ada beragam cara untuk menandainya, entah itu menggunakan sticky notes, stabilo, pensil, pulpen, dan lain-lain. 

4. TULIS

Terakhir, dari semua yang udah kalian baca, coba kalian tuliskan beberapa point utamanya, bebas dimana aja sih. Tentunya bisa dengan beberapa metode untuk lebih mempermudah juga seperti metode Cornell, mind map, flashcards, dan sebagainya. Dengan menulis, otak kanan kita itu juga akan jauh lebih aktif dalam bekerja atau memproses terkait apa aja yang masuk ketimbang hanya sekadar membaca.

Nah, dari ulasan Teknik 4T tadi, mana sih yang mau atau sudah kalian terapin? Jangan lupa untuk senantiasa dipraktikkan ya! Walaupun sebetulnya menumbuhkan habit itu pada awalnya sulit, namun jika rutin dilakukan setiap hari pasti akan menjadi kebiasaan kok.