Berikut 6 Tips yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)


Bisa berkuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pastinya menjadi sebuah impian bagi para calon mahasiswa baru baik yang saat ini masih berada dibangku SMA/SMK/Sederajat maupun yang sudah lulus lebih dulu pada tahun sebelum-sebelumnya. Ragam seleksi mereka ikuti mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, serta jalur seleksi lainnya.

Namun, sayangnya kuota yang ada di perguruan tinggi negeri tidak mungkin bisa menampung seluruh calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Pastinya ini akan membuat beberapa tidak memiliki kesempatan untuk belajar atau mengenyam pendidikan lanjut di perguruan tinggi negeri. Akan tetapi, jangan patah semangat dulu. Kalau kamu tidak bisa masuk perguruan tinggi negeri, kamu bisa mengambil perguruan tinggi swasta (PTS). 

Kuliah di PTN maupun PTS sebetulnya sama saja, tapi yang membedakannya adalah proses kamu sendiri dalam menyelesaikan perkuliahan. Jadi, sebagus apapun kamu kuliah di PTN dengan jurusan terbaik apapun kalau kamu masih malas-malasan kamu tidak akan bisa mendapatkan kualitas diri yang bagus.

Kalau kamu memang belum dapat rezeki untuk masuk ke PTN itu artinya PTS adalah salah satu alternatif kamu. Nah, sekarang disini minfo akan memberikan tips bagaimana memilih PTS yang berkualitas serta tentunya disesuaikan juga dengan kondisi kamu. 


1.    CEK RANGKING

Peringkat kampus termasuk hal utama yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih PTS. Mengapa demikian? Karena ini akan menjadi pertimbangan ketika kamu akan melanjutkan studi S2, bahkan banyak lembaga survei yang sudah menyelenggarakan survei peringkat kampus seperti Kemendikbud, Webometrics, Unirank, QC World atau lembaga rangking lainnya.


2.    AKREDITASI

Dalam hal akreditasi ini terdapat dua, yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi. Akreditasi ini merupakan salah stau upaya pemerintah dalam standarisasi mutu dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Data tersebut bisa kamu lihat pada laman website Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


3.    FASILITAS

Kampus yang baik tentunya akan menyediakan berbagai fasilitas dan wadah pengembangan diri bagi para mahasiswanya seperti laboratorium, perpustakaan, dan masih banyak lagi serta berbagai unit kegiatan mahasiswa juga, karena pada masa-masa kuliah tentunya bukan hanya sekadar untuk kuliah saja. 


4.    BIAYA

Seperti yang kita ketahui biaya di perguruan tinggi swasta memang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan di perguruan tinggi negeri. Namun, hal tersebut mungkin sebanding dengan fasilitas, praktikum-praktikum yang mereka berikan. Disini kamu harus tahu juga bahwa dilihat lagi kondisi kemampuan kamu, jangan sampai kamu ingin mendapatkan perguruan tinggi swasta yang tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi kamu atau guna perencanaan keuangan oleh orang tua.


5.    REKAM JEJAK ALUMNI

Keberhasilan alumni cukup penting sebagai indikator kualitas kampus. Informasi mengenai ini biasanya tersaji dalam website PTS bersangkutan. Apabila banyak dari para lulusan sukses didunia kerja, kemungkinan besar bisa menjadi salah satu keuntungan bagi kita untuk mengebangkan networking nanti kedepannya. Oleh karena itu, jangan sampai kalian lewatkan untuk mengenal lebih banyak senior melalui berbagai kegiatan seperti unit kegiatan mahasiswa, webinar, dan lainnya.


6.    BEASISWA

Informasi lengkap berbagai beasiswa biasanya tertera didalam website masing-masing perguruan tinggi baik beasiswa dari pihak pemerintah seperti KIP-K atau dari pihak non pemerintah. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan juga apalagi untuk kamu yang merasa kurang mampu dalam membayar biaya perkuliahan yang terbilang lumayan tinggi tersebut.


Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa untuk senantiasa berusaha agar mendapat perguruan tinggi negeri namun tidak ada salahnya juga jika kamu sudah mempersiapkan cadangan lain seperti perguruan tinggi swasta. Tetap semangat dan jaga kesehatan sahabat infoptn.id semua!