Ini Dia 3 Jenis Beasiswa Luar Negeri - Berikut Ringkasanya



Kuliah di luar negeri adalah langkah yang penting untuk bisa mencapai aspirasi karir. Namun walaupun demikian tentu saja untuk bisa kuliah di luar negeri ini akan menguras biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Untuk anda yang ingin menggapai impian kuliah di luar negeri tapi tidak memiliki biaya yang cukup, kalian bisa kok memanfaatkan beasiswa.

Beasiswa kuliah di luar negeri ini tentu saja akan sedikit mengurangi beban biaya. Namun sebelum anda mencari-cari informasi terkait beasiswa kuliah di luar negeri ini tentu saja anda juga harus mengetahui terlebih dahulu jenis beasiswa apa saja yang bisa kalian dapatkan untuk dapat kuliah di luar negeri.

3 Jenis Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Ada beberapa tempat yang sangat populer untuk kita menempuh pendidikan di luar negeri. Salah satu yang paling populer adalah di Australia, Irlandia, Kanada hingga Amerika Serikat. Ada banyak juga perguruan tinggi di negara-negara tersebut yang menawarkan berbagai macam jenis beasiswa, tidak cuma beasiswa siswa yang berprestasi saja. Namun juga menawarkan beasiswa di luar bidang akademik loh.

Beasiswa Prestasi

Jenis beasiswa prestasi ini merupakan beasiswa yang paling banyak ditawarkan oleh perguruan tinggi di dunia. Pelajar harus memiliki kemampuan, keterampilan dan juga kemahiran dalam bidang akademik tertentu untuk mendapatkan beasiswa ini.

Persyaratan yang diterapkan untuk mendapatkan beasiswa prestasi ini juga sangat beragam, salah satunya adalah harus memiliki kemampuan di bidang musik, olahraga dan sebagainnya.
Beasiswa Tujuan Tertentu

Beberapa pemerintah negara, otoritas publik sampai kampus di luar negeri juga memberikan beasiswa kebutuhan hidup serta biaya kuliah untuk pelajar internasional yang dianggap mampu memenuhi kriteria dan juga ketentuan yang ditetapkan oleh mereka.

Beasiswa Program Studi

Selain itu, ada banyak juga universitas yang memberikan beasiswa terhadap para pelajar berdasarkan program studi tertentu yang dibutuhkan oleh mereka. Contohnya saja banyak sekali departemen dari program studi dari berbagai macam universitas yang juga menawarkan beasiswa untuk program studi teknik, ekonomi sampai ilmu sosial.

Beasiswa Kebutuhan

Untuk beasiswa jenis ini ditujukan untuk para pelajar yang mengalami masalah finansial untuk dapat belajar di luar negeri. Dimana beasiswa jenis ini bisa mencakup biaya hidup hingga biaya kuliah dari pelajar. Untuk beasiswa ini bersifat terpisah dari beasiswa prestasi, namun tidak jarang kedua beasiswa ini diberikan untuk satu pelajar yang sama.

Syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini adalah tentu saja dokumen yang menunjukan jika pelajar tersebut memiliki masalah finansial seperti slip gaji orang tua atau wali.
Manfaat Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Beasiswa memang dapat membantu pendanaan dari proses belajar pelajar di luar negeri, namun untuk mendapatkannya tentu saja tidak mudah. Pelajar harus bersaing dengan pelajar lainnya untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Tapi tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pelajar jika mereka berhasil mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, berikut adalah beberapa manfaat mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.
  • Memperoleh gelar ternama yang tentu saja bermanfaat untuk menunjang karir pelajar.
  • Bisa bekerja di luar negeri setelah wisuda.
  • Mengetahui budaya baru untuk mengembangkan diri keluar dari zona nyaman.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa asing.
Nah itulah informasi yang harus anda ketahui sebelum anda mulai mencari beasiswa belajar ke luar negeri. Semoga bermanfaat.