Ini dia Daftar Rekomendasi Buku Personal Development



Saat ini kesadaran para pelajar untuk lebih banyak membaca mungkin semakin lebih baik jika dibanding dengan sebelumnya. Namun, sepertinya sering kali masih merasa bingung memilih buku mana yang sebaiknya dibaca oleh kita pribadi khususnya, karena nggak mungkin juga kan kalo cuma sekedar ngikutin temen apalagi trend doang?

So, kali ini minfo bakal kasi rekomendasi buku berdasarkan klaster dibidang atau domainnya apa terkait buku personal development supaya kalian bisa nangkep kira-kira cocok atau butuhnya buku mengenai apa. Yuk, simak penjelasannya!

Pertama, buku untuk meningkatkan interpersonal skills.

Entah apakah kita itu introvert ataupun ekstrovert kita sama-sama butuh kemampuan bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, bagaimana cara kita mengelola orang, bagaimana cara kita memperhatikan cara kita berbicara, berperilaku, berinteraksi dan sebagainya sehingga kita bisa memiliki banyak network yang kualitasnya bagus. Jadi, relasi itu tentunya penting secara kualitas maupun kuantitas. Dengan cara ini kita juga bisa memberikan dampak ke orang-orang disekitar kita. Buku yang sangat terkenal yaitu “How to Win Friends and Influence People” dari Dale Carnegie. Buku tersebut menceritakan bagaimana kita secara tulus bertambah teman-teman kita, secara tulus hubungan dengan teman-teman kita menjadi lebih baik. Bahasannya mulai dari fundamental itu sendiri sampai tips-tips yang bisa gunakan untuk meningkatkan skill interpersonal kita.

Kedua, buku tentang productivity.

Nah, ada dua buku yang akan dibahas yaitu yang pertama buku yang udah jadi legenda banget sih kayaknya “The 7 Habits of Highly Effective People” dan udah banyak dalam tanda kutip sekuelnya juga. Buku ini ditulis oleh Stephen Covey, yang merupakan seorang pakar productivity dan dibuku ini sesuai namanya akan menceritakan 7 habit atau kebiasaan oleh orang-orang yang efektif atau orang-orang yang produktif gitu. Menariknya, dibuku ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu yang pertama ada habit 1, habit 2, dan habit 3 menjelaskan tentang bagaimana mengelola diri sendiri, jadi lebih ke intrapersonal. Sementara, habit 4, habit 5, dan habit 6 adalah bagaimana cara kita mengelola diri dengan orang lain atau interpersonalnya. Walaupun banyak kaitannya antara diri sendiri dengan orang lain, tetap saja buku ini mengutamakan productivity dalam bukunya. Jadi, bagaimana menjadi orang yang efektif bukan hanya efisien saja. Terakhir, habit 7 menjelaskan bagaimana kita mensinergisasikan semuanya. Pada buku ini juga diberikan tips-tips praktis tentang productivity, time management, bagaimana kita mengetahui circle of influence kita, dan masih banyak lagi insight yang akan didapat dengan membaca satu buku ini saja. Oleh karena itu, tidak heran kalau buku ini menjadi legenda dibidangnya. 

Buku yang kedua ada dalam rekomendasi tentang productivity adalah “The 5 AM Club” ditulis oleh Robin Dharma yang bisa dibilang seorang master dalam productivity. Dalam buku ini menceritakan tentang bagaimana cara kita bisa produktif di awal hari dan yang paling menarik perhatian adalah rumus 20/20/20 untuk jadi produktif. 

Ketiga, buku tentang mindset.

Buku yang pertama yaitu “Mindset: The New Psychology of Success” karya Carol Dweck yang menceritakan bagaimana orang berpikir atau berperilaku. Buku ini akan membuat kita tau bahwa untuk belajar suatu hal yang baru itu tidaklah sulit dan kita juga bisa challenge diri kita untuk terus berkembang.

Buku kedua ada “The Magic of Thinking Big” atau “Berpikir dan Berjiwa Besar” terjemahan dalam bahasa indonesianya. Buku ini ditulis oleh David J. Schwartz menjelaskan tentang bagaimana walaupun bertindak secara perlahan tapi bagaimana kita bisa terus melihat big view nya. Jadi, kita bisa nonton big picture dari sesuatu yang kita lakukan terakumulasi untuk mengejar suatu visi yang besar.

Keempat, buku tentang habit atau behavior.

Kalian bisa membaca buku karya James Clear dengan judul “Atomic Habits” lalu dikombinasikan dengan buku “The Power of Habit” karya Charles Duhigg. Nah, kalau bisa kalian baca kedua buku tersebut sakaligus karena nanti akan ketemu benang merahnya seperti apa. Lalu, apa sih yang dipelajari dalam kedua buku ini? Dalam kedua kedua buku ini dipelajari tentang bagaimana habit kita terbentuk, bagaimana bisa memunculkan atau membangkitkan serta membangun habit kita dan bagaimana kita bisa menghilangkan bad habit dalam diri kita. Untuk perbedaannya sendiri, kalau “The Power of Habit” lebih banyak ke fundamental, lebih banyak dari sisi research, ada banyak tentang sains nya juga, sedangkan pada buku “Atomic Habits” lebih ke praktiknya serta tips-tips atau teknik yang disajikan untuk menerapkan habit yang ingin kita tanamkan.

Kelima, buku tentang personality.

Rekomendasi bukunya yaitu “Personality Plus“ yang mana dibawahnya ada tulisan “Bagaimana cara kita memahami orang lain dengan memahami diri kita sendiri” karya Florence Littauer. Buku tersebut membahas tentang bagaimana tipe-tipe kepribadian secara umum. Jadi, seperti bagaimana kita menganalisis orang-orang terhadap karakter-karakter yang ada sehingga kita bisa menerapkan perlakuan yang tepat untuk orang yang tepat pula. Tentunya hal itu sangat relevan untuk interpersonal kita juga, entah itu kepada teman kita, keluarga kita, dan siapapun orang yang ada disekitar kita.

Demikian daftar rekomendasi buku tentang personal development yang bisa kalian pilih, semoga bermanfaat.