Ini Dia Jurusan Sastra Sunda Beserta Prospek Kerjanya



Pada era sekarang, teknologi hampir menguasai seluruh sektor tata kehidupan manusia. Tentu tidak bisa dipungkiri juga bahwa hal tersebut memang banyak sekali memberikan dampak positif bagi kita semua. Namun sayang, dampak negatif yang ditimbulkan kerap kali dibiarkan begitu saja, apalagi terhadap seni dan budaya daerah muatan lokal yang sudah hampir terkikis oleh zaman.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya mau membahas salah satu jurusan yang rasanya belum diketahui banyak orang, yaitu jurusan Sastra Sunda. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah mengetahuinya pun malah menganggap sebelah mata. Contohnya seperti pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman-teman kepada saya sewaktu masih sekolah, “Kenapa sih tertarik kuliah di jurusan Sastra Sunda? Setelah lulus mau jadi apa?”. Kurang lebih seperti itu, tapi saya berusaha memaklumi atas beberapa opini yang disampaikan oleh mereka. Satu hal saja, penyebabnya karena pengetahuan dan wawasan mereka akan bidang seni, budaya, dan sastra Sunda itu sendiri yang masih kurang meskipun notabenenya asli orang Sunda.

Lalu, apa sih yang membuat saya begitu tertarik dengan jurusan Sastra Sunda?

Saya adalah seorang pemimpi. Salah satu mimpi terbesar saya adalah mendekatkan orang-orang dengan mimpi yang dimilikinya, dan salah satu cara supaya saya bisa mencapai itu ya melalui dunia pendidikan. Dengan jurusan Sastra Sunda ini lah saya berharap semoga bisa menjadi batu loncatan untuk membuka berbagai kesempatan maupun peluang bagi saya di masa yang akan datang. Apalagi sejak kecil saya sudah ditanamkan oleh orang tua dan keluarga untuk senantiasa menjaga warisan budaya leluhur, selain itu saya juga memang sangat menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan analisis, entah itu mengenai naskah, karya sastra, budaya, kesenian, sejarah, dan lain sebagainya. Jadi tidak heran kalau saya mempunyai cita-cita menjadi seorang Peneliti, bekerja bersama dengan LIPI untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa kedepannya saya bisa menjadi apa saja, karena seiring berjalannya waktu manusia akan terus tumbuh dan berkembang. 

Nah, terlepas dari itu semua bagi kalian yang tertarik atau masih penasaran dengan jurusan Sastra Sunda. Yuk, kenalan dulu!

Apa itu jurusan Sastra Sunda dan apa saja mata kuliah yang dipelajari?

Secara garis besar, tentunya jurusan Sastra Sunda mempelajari berbagai hal seperti budaya, bahasa, sastra, seni, serta adat istiadat Sunda. Di jurusan ini kita harus bisa mengamati perihal perkembangan Sunda itu sendiri dengan cara melihat secara langsung pada kehidupan masyarakatnya. Apakah terjadi perubahan, tetap lestari, atau bahkan sudah hilang dari peradaban. Setelah itu baru bisa dicari apa yang menjadi sebab masalah lalu dicari solusi baiknya seperti apa bersama-sama.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan Sastra Sunda seperti Keterampilan Aksara Sunda, Produksi Kamus, Sejarah Sastra, Teori Sastra, Penerjemahan, Bahasa Sunda Kuno, Kritik Naskah, dan lain sebagainya. 

Sebagai catatan, untuk kamu yang bukan asli suku Sunda bisa kok jika mau kuliah di Sastra Sunda. Jangan khawatir ya, karena memang lumayan banyak juga dari daerah selain Jawa Barat bahkan mahasiswa asing yang belajar Sastra Sunda.

Oh ya, terdapat satu hal menarik juga yang belum diketahui olehbanyak orang kalau kuliah di jurusan Sastra Sunda maupun Jawa itu tidak ada S2-nya di Indonesia. Kalau mau harus lanjut studi ke Belanda. Karena semua terkait Sejarah Indonesia dan juga berbagai kajian Sastra ada disana. Bahkan sampai sekarang masih tersimpan rapi dan dijaga dengan baik di beberapa museum atau perpustakan, salah satunya Museum Tropen di Amsterdam dan Koninklijk Instituut voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) di Leiden.

Apa Prospek Kerja Jurusan Sastra Sunda?

Lulusan dari Sastra Sunda akan memperoleh gelar S.Hum atau Sarjana Humaniora. Tapi untuk profesinya sendiri bisa apa saja kok, asalkan selama itu masih sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat kamu sendiri ya tidak jadi masalah. Alhamdulillah kabar baiknya kesadaran para pelajar begitupun dengan masyarakat serta pemerintah Jawa Barat akan budaya Sunda saat ini semakin meningkat, jadi bisa dibilang kalau lulusan dari jurusan Sastra Sunda juga mempunyai peluang yang cukup besar sama halnya dengan jurusan lain. Sejatinya, lulusan Sastra Sunda akan sangat dibutuhkan untuk menjaga serta melestarikan. Kalau tidak dimulai oleh kita sendiri, siapa lagi?

Berikut akan saya paparkan beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil setelah lulus dari Sastra Sunda:

Pertama, kamu bisa bekerja di Kemendikbud kalau kamu pandai dalam hal meneliti kesusastraan, kebahasaan, dan kenaskahan. Bisa juga di Lembaga Ilmu  Pengetahuan Indonesia, Balai Bahasa, atau Arsip Nasional, dan lain sebagainya.

Kedua, kamu sendiri bisa menciptakan atau membuat kreativitas sendiri dengan cara menuangkannya kedalam karya sastra, bisa puisi, cerpen, novel, maupun naskah film yang tentunya dalam bahasa Sunda.

Ketiga, kamu yang tertarik dengan dunia pariwisata bisa banget jadi pemandu wisata atau lebih kerennya bisa jadi pengamat sastra di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Jawa Barat.

Keempat, kamu bisa menjadi seorang pembawa acara, entah itu di stasiun televisi maupun radio. Lainnya lagi bisa menjadi wartawan, penulis, dan juga editor.

Kelima, kamu bisa bekerja di sektor perbankan juga loh! Sebab ada beberapa wilayah di pelosok atau pedalaman yang biasanya harus melakukan pelayanan dengan bahasa daerah itu sendiri karena sebagian masyarakatnya ada yang kurang mengerti bahkan tidak bisa bahasa nasional.

Keenam, tentunya kamu bisa terjun kedalam dunia pendidikan menjadi seorang tenaga pengajar baik itu guru ataupun dosen.

Terakhir, kamu yang suka jalan-jalan apalagi pergi ke luar negeri memiliki kesempatan untuk ikut dalam menjalankan misi budaya, yaitu memperkenalkan terkait seni, sastra, dan juga budaya Indonesia khususnya Sunda ke seluruh penjuru dunia.

Universitas dengan Jurusan Sastra Sunda
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Pendidikan Indonesia

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai jurusan Sastra Sunda. Tapi, kalau semisal kamu masih merasa bingung apakah Sastra Sunda itu minat dan bakat kamu atau bukan, kamu masih punya banyak waktu dan juga kesempatan untuk eksplorasi lebih jauh lagi. Sedikit saran, jika memang ingin memilih terkait jurusan ini maupun jurusan yang lainnya, setidaknya kamu sudah harus mempunyai gambaran kedepannya ingin seperti apa. Entah melanjutkan lagi studi ke jenjang yang lebih tinggi, mulai berkarir di dunia kerja, atau bahkan membuat inovasi-inovasi baru agar Sastra dan Budaya Sunda tetap lestari.