Jurusan Sepi Peminat, Peluang Karir Banyak Dicari!



Jurusan kuliah memang menjadi salah satu instrumen yang cukup penting untuk karir kita dimasa depan. Namun, terkadang ada kondisi dimana jurusan yang kita impikan tidak sejalan dengan kemampuan kita untuk meraihnya dikarenakan begitu banyaknya pesaing yang ingin masuk ke dalam jurusan tersebut yang tentu saja memiliki nilai dan kemampuan lebih tinggi daripada kita sehingga beberapa calon mahasiswa membuat opsi-opsi jurusan lain yang sepi peminatnya agar lebih mudah untuk diterima di kampus dan jurusan tersebut. Walaupun jurusan dengan sepi peminat, tapi tidak selamanya jurusan itu dikatakan tidak memiliki prospek karir yang baik lho!

Nah, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang bisa kamu pilih dengan sedikit peminatnya namun memiliki peluang karir yang cukup tinggi:

1. Astronomi

Jurusan pertama dengan peminatnya yang masih sedikit adalah jurusan Astronomi. Disini kamu akan banyak belajar mengenai alam semesta termasuk benda-benda langit yang ada didalamnya. Lebih menariknya lagi, ternyata jurusan satu ini sangat langka lho hanya ada di Institut Teknologi Bandung dalam lingkup Asia Tenggara.

Jurusan ini termasuk jurusan anak IPA banget sih karena yang dipelajari juga masih seputar ilmu matematika, fisika, kimia, astrofisika, dan sebagainya. Prospek kerjanya ternyata bagus jika dibandingkan dengan yang lain. Setelahnya lulus dari sini kamu bisa menjadi seorang astronom, peneliti, atau kerja di observatorium, lembaga antariksa, planetarium, BMKG, serta masih banyak lagi.

2. Arkeologi

Kampus dengan jurusan Arkeologi di Indonesia memang belum banyak, diantaranya baru tersedia di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lain-lain. Tidak heran sih karena memang ahli arkeolog masih kurang. Di jurusan ini seperti yang sudah kamu ketahui juga akan banyak belajar mengenai manusia melalui material peninggalan zaman dahulu dan juga artefak bersejarah.

Prospek kerja atau karir para lulusannya cukup beragam dengan gaji yang yang didapat lumayan tinggi seperti menjadi seorang tenaga pendidik, jurnalis, sejarawan, bahkan lebih kerennya kisaran gaji seorang arkeolog bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3. Oseanografi

Selanjutnya, siapanih yang suka main ke laut? Coba deh masuk jurusan ini biar ke laut bukan cuma main aja, hehe. Di jurusan oseanografi ini kamu akan banyak belajar berbagai fenomena yang terjadi dilautan sampai bisa diaplikasikan kedalam berbagai bidang.

Gaji yang didapat para lulusan oseanografi tidak kalah juga lho dengan jurusan lainnya, kamu bisa menjadi seorang peneliti diberbagai lembaga pemerintahan seperti BNPB, BMKG, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dll. Selain itu, kamu dapat bekerja sebagai teknik kelautan, konsultan, dan masih banyak lagi.

4. Ilmu Perpustakaan

Di jurusan ini kamu bukan cuma belajar soal ilmu perpustakaan aja, melainkan kamu juga akan belajar mengenai kearsipan, data, informasi, dan lain-lain. Bahkan, kamu juga akan belajar banyak hal lain sebagai penunjangnya. Oleh karena itu, jurusan ini akan sangat cocok bagi kamu yang menyukai data serta hal-hal baru lainnya.

Untuk lulusannya sendiri siapa sangka cuma jagain perpustakaan doang? Ternyata masih banyak lagi diantaranya seperti menjadi arsiparis, Information Specialist, sekretaris di sebuah perusahaan, bahkan bisa juga bekerja di sebuah instansi pemerintahan.

Meskipun peminatnya saat ini memang masih sangat sedikit, tapi sudah banyak lho kampus-kampus yang menyediakan jurusan ini, salah satunya yang paling terkenal yaitu Universitas Indonesia.

5. Antropologi Sosial

Siapa nih yang ingin keliling jalan-jalan ke seluruh dunia? Dengan kamu menjadi seorang antropolog ternyata bisa lho! Jadi nantinya kamu akan banyak belajar atau meneliti tentang kehidupan sosial masyarakat disana, mengenai kesenian dan budaya, suku, dan juga mempelajari terkait ciri-ciri serta masih banyak lagi. Tentunya karena perkembangan zaman dan penduduk bumi yang semakin banyak juga akhirnya profesi ini akan jauh lebih banyak dibutuhkan.

Lulusannya pun memiliki prospek kerja yang luas terutama bagi kamu yang ingin fokus ke bidang riset ataupun akademik. Contohnya seperti menjadi seorang peneliti, konsultan, dosen, jurnalis, ahli antropolog, dan sebagainya.

6. Filsafat

Terakhir ada jurusan Filsafat yang dikenal sebagai ibunya dari ilmu pengetahuan atau mother of science. Dalam perkuliahannya akan banyak sekali analisis terhadap suatu fenomena serta kamu akan belajar atau melatih cara berpikir juga supaya lebih kritis dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Untuk prospek kerjanya sendiri kamu bisa menjadi seorang ahli filsuf hingga pejabat di pemerintahan dan sebagainya. Patut untuk dipertimbangkan sih karena gaji yang didapat seorang lulusannya tidaklah sedikit, bahkan bisa mencapai Rp 10 juta per bulannya.

Demikian informasi yang dapat minfo sampaikan, setelah ini jangan lagi sampai memanggap remeh sebuah jurusan hanya karena peminatnya sedikit yaaa. Karena sedikit itu belum tentu tidak punya masa depan, mungkin karena kurangnya pengetahuan serta wawasan kamu sendiri akan jurusan tersebut. Justru karena sedikit itulah kamu bisa terus melangkah maju kedepan menjadi pelopor untuk yang lainnya. Semangat!