Kuliah Jurusan Kewirausahaan, Jadi Pengusaha? - Berikut Ringkasanya



Saat ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak sekali orang yang belum mendapatkan pekerjaan sekalipun itu lulusan sarjana. Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap hal tersebut adalah karena terbatasnya lowongan pekerjaan yang ada.

Secara tidak langsung, mau tidak mau harus bisa berkompetisi dengan yang lain jika ingin mendapatkan pekerjaan. Padahal disisi lain, setiap orang memiliki kesempatan untuk menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri, baik itu dengan cara membuat sebuah bisnis baru maupun yang lainnya.

Nah, ternyata ada juga lho jurusan yang fokusnya diarahkan untuk itu, yaitu jurusan Kewirausahaan atau Entrepreneurship. Namun, belum terlalu banyak referensi-referensi yang ada di internet terkait jurusan satu ini. So, kali ini minfo akan bahas secara singkatnya meskipun disisi lain kalian juga bisa mendapatkan overview umum mengenai jurusan ini di website masing-masing kampus. Simak penjelasan berikut ini, Yuk!

Apa Itu Jurusan Kewirausahaan?

Seperti yang sudah kita semua ketahui sekarang, industri itu sudah semakin maju, tentu saja bidang-bidangnya semakin bertambah banyak juga sesuai dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, ilmu-ilmu dibidang bisnis pun menjadi semakin spesifik, salah satunya Kewirausahaan.

Kewirausahaan adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk membuat sebuah bisnis baru, proses dari awal hingga akhir, perkembangan bisnis, dan juga mengajarkan kepada mahasiswanya mengenai entrepreneurial mindset.

Apa yang Kita Pelajari Jika mengambil Jurusan Kewirausahaan?

Disini kamu bisa tahu bagaimana cara membuat sebuah bisnis di industri kreatif, bagaimana dinamikanya, begaimana caranya merancang sebuah rencana, membuat strategi bisnis, strategi pemasaran, memanfaatkan teknologi supaya bisnis atau usaha tersebut bisa maju dan dikelola dengan baik.

Di jurusan Kewirausahaan, mata kuliah yang akan kamu pelajari yaitu mulai dari mikroekonomi sampai makroekonomi bisnis, akuntansi, manajemen, perencanaan bisnis, hukum bisnis, bahkan sampai perpajakan. Dengan begitu. jurusan ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki karakter teliti, independen, kreatif, percaya diri, senang menganalisis, senang bekerjasama dalam tim, dan sebagainya.

Lalu, katanya anak jurusan Kewirausahaan atau Entrepreneurship itu kaya-kaya, gabut pas kuliah, tugasnya gampang, dinilai suka jualan dan nyari uang, kira-kira bener gak sih?

Terkait anggapan tersebut tidak selalu benar maupun salah juga, karena selama perkuliahan kamu tidak hanya belajar mengenai ilmu pengetahuannya saja tetapi kamu dituntut untuk bisa langsung mengaplikasikannya, makanya tidak heran kalau semasa kuliah anak jurusan Kewirausahaan sambil menjalankan bisnis kecilnya.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Kewirausahaan?

Perusahaan dalam bidang bisnis apapun itu tentunya pasti akan membutuhkan seseorang dari lulusan program studi Kewirausahaan untuk menjalankan serta meningkatkan berbagai produktivitas bisnis yang telah ada sebelumnya. Meskipun demikian, kamu juga bisa memilih untuk menciptakan bisnis baru yang nantinya berperan untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain yang sedang membutuhkan. 

Selain berusaha untuk mengembangkan bisnis sendiri, kamu juga bisa menjadi seorang Analis Pemasaran, Konsultan Bisnis, Manager Pengembangan Bisnis, serta masih banyak lagi.

Nah, kalau kamu tertarik dengan dunia usaha, industri kreatif, atau jangan-jangan kamu sudah mulai menjalankan bisnis, mungkin dengan masuk jurusan Kewirausahaan ini menjadi sebuah kesempatan untuk kamu mengembangkan ilmu kamu, keterampilan kamu, sampai menjadi pembisnis handal.