Prodi Yang Cocok Untuk Seorang Introvert




Seorang introvert sering kali digambarkan sebagai pemalu dan pendiam. Anggapan tersebut tentunya tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya juga benar. Memang orang-orang berkepribadian introvert cenderung lebih fokus dan lebih nyaman dengan dirinya sendiri ketimbang stimulus-stimulus yang datang dari luar boleh jadi dianggap bising. Sudah menjadi hal lumrah kalau orang-orang introvert itu dikenal sebagai sosok yang cenderung pendiam, tenang, dan lain sebagainya. Mereka lebih akrab dengan waktunya sendiri dan lebih menyukainya daripada harus menghabiskan waktu berjam-jam didalam keramaian. Tapi harus kamu ingat atau ketahui ya kalau misalkan kepribadian introvert itu tentulah berbeda bahkan tidak bisa disamakan begitu saja dengan pemalu atau pendiam.

Nah, bicara soal jurusan kuliah dan kehidupan pascakampus tentu seorang introvert akan menyukai jenis-jenis studi dan juga pekerjaan yang sangat berbeda dengan ekstrovert. Ada jenis studi dan pekerjaan tertentu yang secara alamiah lebih klop dengan para introvert dan sebaliknya. Contohnya, seorang introvert kemungkinan besar tidak akan semudah ekstrovert seandainya menjalani kuliah dan profesi Hubungan Internasional yang menuntutnya aktif diberbagai diskusi untuk membahas isu-isu yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia atau aktif dalam jejaring sosial dan tidak malu-malu membaur serta sok kenal atau sok dekat dengan orang-orang yang baru ditemuinya saat melakukan pekerjaan.

Jadi, Prodi Yang Cocok Untuk Seorang Introvert?
  • Teknik Informatika atau Komputer
Di jurusan Teknik Informatika atau segala studi yang berkaitan dengan Ilmu Komputer kamu akan cenderung lebih fokus dengan pekerjaan yang utak-atik yang mana sering kali berupa project mandiri. Kemudian, sekalipun harus bekerja didalam tim namun hal yang utama tetap saja kemampuan kamu sendiri untuk menaklukan komputer. Kamu tidak perlu pandai-pandai bicara buat memikat hati si komputer, 'kan? Hehe.
  • Akuntansi
Sama seperti Teknik Informatika atau Komputer di jurusan Akuntansi kamu akan dilatih untuk membedah soal-soal neraca keuangan. Mulai dari lingkup sederhana hingga kompleks seperti arus kas keuangan perusahaan. Biasanya pekerjaan itu akan dilakukan oleh satu orang saja dan yang kamu perlukan hanyalah detail-detail keuangan untuk kamu bedah. Disamping itu, untuk menjadi seorang Akuntan kamu juga akan terbiasa dengan pola kegiatan kerja yang rapi, tentu itu merupakan sesuatu yang disukai oleh seorang introvert. Maksudnya, kamu bekerja sesuai prosedur. Tidak seperti pekerjaan di lapangan yang penuh kejutan dan perubahan sewaktu-waktu.
  • Ilmu Pengetahuan Alam
Seorang introvert biasanya sangat suka sekali eksplorasi berbagai macam hal baru sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktunya sendiri. Nah, didalam jurusan Ilmu Pengetahuan Alam jelas berkaitan erat dengan yang namanya Ilmu murni seperti fisika, kimia, biologi, dan lainnya. Maka dari itu, seorang sains akan dituntut untuk senantiasa melakukan eksperimen atau penelitian secara terus menerus yang mana nantinya harus disajikan juga kedalam bentuk jurnal dan pada umumnya memang dilakukan secara mandiri.
  • Desain Grafis
Kerjaan satu ini memang kadang-kadang suka penuh dengan kejutan terutama dari klien yang banyak mau. Tapi, sejak di kampus kamu akan dilatih mencurahkan seluruh ide dan kreativitas untuk merampungkan project desain. Mengerjakan desain grafis ialah tentang bagaimana kamu mendayagunakan seluruh kemampuan kamu sendiri. Soalnya, jarang pekerjaan desainer grafis yang eksekutornya lebih dari satu orang. Untuk melahirkan karya grafis yang ciamik kamu tentu butuh fokus yang luar biasa. Suatu keunggulan yang dimiliki oleh kamu yang berkepribadian introvert. Benar begitu bukan?
  • Sastra
Jurusan dalam bidang sastra kemungkinan besar bisa dibilang merupakan salah satu jurusan yang paling banyak digemari oleh seorang introvert. Sebab, di jurusan sastra ini para mahasiswanya akan lebih banyak berkecimpung dalam hal dunia kepenulisan maupun analisis karya. Meskipun nanti lulusannya tidak harus menjadi sebagai seorang penulis juga sih. Masih banyak profesi lain yang berhubungan atau berkaitan erat dengan jurusan Sastra ini, tapi memang kebanyakan lebih memilih menjadi seorang penulis, penerjemah, content writer, copywriter, blogger, penulis naskah, dan lain sebagainya.

Tentu saja rekomendasi-rekomendasi barusan adalah perkiraan kasar dan umum. Kamu bisa saja tergolong introvert dan ekstrovert sekaligus atau yang biasa dikenal sebagai ambivert. Lagipula, hampir tidak ada manusia sepenuhnya introvert dan sebaliknya. Masing-masing pasti punya kecenderungan kepribadian introvert atau ekstrovert yang lebih mendominasi. Kalau begitu, yuk coba kenali keperibadian kamu lebih dalam mulai dari sekarang!