Info Pendaftaran Seleksi Mandiri UNS 2021 Gelombang 2

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS) sebagian besar sudah mulai menutup penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Bahkan, beberapa sudah mengumumkan hasil seleksinya sampai pada tahap terakhir, yaitu seleksi mandiri.

Kabar baiknya, seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) yang terletak di Kota Surakarta Jawa Tengah, kembali membuka pendaftaran seleksi mandiri gelombang kedua untuk program sarjana dengan dua jalur yang tersedia yaitu, seleksi mandiri jalur skor UTBK dan ujian tulis yang diselenggarakan secara langsung di kampus UNS. Kedua jalur tersebut diperuntukkan bagi lulusan SMA/Sederajat paling lama tiga tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021).

Untuk biaya pendidikan atau UKT yang harus dibayarkan tiap semesternya tentu tidak akan jauh berbeda dengan mereka yang lolos pada jalur SNMPTN/SBMPTN, namun hanya saja terdapat SPI atau sumbangan pengembangan institusi yang nominalnya berbeda tergantung pada program studi yang kamu dipilih. Sedangkan, bagi kamu peserta KIP-Kuliah nantinya akan ada kebijakan lebih lanjut.


Berikut jadwal dan rincian pendaftaran pada masing-masing jalur:

1. Seleksi Mandiri UNS (skor UTBK)

Seleksi mandiri ini tentunya oleh pihak panitia SPMB akan dipilih berdasarkan hasil skor UTBK tahun 2021 dari masing-masing peserta yang mendaftar. Kemudian, ada persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh tiap peserta juga, salah satunya memiliki prestasi dibidang nonakademik serta bagi peserta yang memilih program studi tertentu juga, terutama saintek diharuskan untuk melampirkan surat keterangan tidak buta warna, baik parsial maupun total. Ketentuan lainnya dapat kamu akses melalui website SPMB UNS.

Pada saat pemilihan program studi terdapat tiga ketentuan yang harus diperhatikan diantaranya, bagi yang memilih program studi saintek harus memiliki skor utbk saintek atau campuran, bagi yang memilih program studi soshum harus memiliki skor utbk soshum atau campuran, dan terakhir bagi yang memilih program studi saintek dan juga soshum harus memiliki skor utbk campuran.

Khusus untuk program studi kedokteran hanya dapat dipilih oleh peserta dengan jurusan ketika SMA/Sederajat-nya IPA serta diperbolehkan untuk lintas jurusan juga.

Biaya pendaftaran: Rp 200.000,00

Jadwal pendaftaran: 30 Juni 2021 - 10 Juli 2021

Hasil seleksi: 19 Juli 2021


2. Seleksi Mandiri UNS (Ujian Tulis)

Pada jalur seleksi melalui ujian tulis ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu saintek, soshum, dan juga campuran. Materi yang akan diujikan nantinya sama persis seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sebelumnya sudah diselenggarakan oleh pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

  • Saintek: TPS dan TKA Saintek
  • Soshsum: TPS dan TKA Soshsum 
  • Campuran: TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum

Terkait ketentuan dan persyaratan yang harus dilampirkan oleh para peserta hampir sama dengan peserta yang mendaftar melalui jalur skor UTBK yaitu ada persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi, salah satunya memiliki prestasi dibidang nonakademik serta bagi peserta yang memilih program studi tertentu juga, terutama saintek diharuskan untuk melampirkan surat keterangan tidak buta warna, baik parsial maupun total. Ketentuan lainnya dapat kamu akses melalui website SPMB UNS.

Pada saat pemilihan program studi terdapat tiga ketentuan yang harus diperhatikan diantaranya, bagi yang memilih program studi saintek harus mengikuti ujian tulis saintek, bagi yang memilih program studi soshum harus ujian tulis soshum, dan terakhir bagi yang memilih program studi saintek dan juga soshum harus mengikuti ujian tulis campuran.

Sebagai catatan, jurusan psikologi, penyuluhan dan komunikasi pertanian, serta jurusan agribisnis dapat dipilih oleh peserta yang ketika SMA/sederajat-nya jurusan IPA dan IPS.

Biaya pendaftaran: Rp 350.000,00 (saintek/soshum) dan Rp 400.000,00 (campuran)

Jadwal pendaftaran: 30 Juni 2021 - 10 Juli 2021

Hasil seleksi: 19 Juli 2021


Semoga bermanfaat.