10 Jenis Beasiswa Dalam Negeri Paling Populer, Yuk Daftar!


Pendidikan memang tidak akan pernah luput dari yang namanya beasiswa begitupun sebaliknya. Tentunya hal itu memberikan kesempatan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan ke bangku pendidikan yang lebih tinggi tapi terkendala oleh biaya. Meskipun, disisi lain mereka yang berasal dari keluarga berkecukupan pun tetap bisa mendapatkannya dengan syarat berprestasi. Jadi, kedua kategori tersebut yaitu berprestasi dan kurang mampu menjadi salah satu persyaratan utama ketika ingin mendaftar beasiswa.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali beasiswa yang tersedia baik dari pemerintah, pihak swasta, perusahaan, lembaga organisasi, dan sebagainya. Nah, berikut 10 daftar beasiswa populer dalam negeri yang bisa kamu coba.

 

1. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Beasiswa ini dulunya lebih akrab dikenal dengan sebutan Beasiswa Bidikmisi, namun pada tahun 2020 resmi diganti oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjadi Beasiswa KIP Kuliah. Bahkan, belum lama juga pada tahun 2021 ini kembali diganti lagi menjadi Beasiswa KIP Kuliah Merdeka.

Pada dasarnya sama saja yaitu diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutan ke pergurun tinggi tapi tidak mampu secara ekonomi serta memiliki potensi dibidang akademik mapun nonakademik. Jadi, bisa dibilang hanya diganti pada nama beserta ketentuan-ketentuan lainnya. Periode pendaftaran berkisar antara bulan Januari hingga September.

Penjelasan lebih lengkap terkait skema Beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini bisa kamu baca pada artikel sebelumnya.

2. Beasiswa Unggulan

Sebagian besar sudah tidak asing lagi dengan beasiswa ini. Bagaimana tidak, Beasiswa Unggulan cukup populer dan menjadi favorit setiap tahunnya karena yang berkesempatan mendapatkan beasiswa ini bukan hanya mahasiswa saja, disisi lain mereka para guru juga bisa mendaftar beasiswa ini untuk mengembangkan berbagai riset dan juga penelitian.

3. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP diberikan oleh Kementerian Keuangan ditujukan bagi lulusan S1 berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3. Program Beasiswa LPDP ini memberikan kesempatan baik di dalam maupun luar negeri dan dibuka setiap tahunnya.

4. Beasiswa Kemenag

Beasiswa Kementerian Agama ini merupakan program beasiswa 5000 doktor atau biasa disebut juga dengan Mora Scholarship. Beasiswa ini senantiasa ditawarkan setiap tahunnya serta diberikan secara penuh bagi dosen dan tenaga pendidik pada perguruan tinggi keagamaan islam untuk melanjutkan studi S3 baik di dalam maupun luar negeri. Durasi beasiswa kemenag ini diberikan selama 6 semester dan bisa melakukan perpanjangan hingga 2 semester.

5.  Beasiswa Bantuan Mahasiswa (BBM)

Sumber dana Beasiswa ini langsung diberikan oleh Ristekdikti untuk kamu mahasiswa baru atau mahasiswa aktif dengan latar belakang tidak mampu secara ekonomi. Bantuan ini diberikan setiap satu semester, akan tetapi terbatas hanya untuk pembayaran UKT saja. Maka dari itu, jika kamu memiliki kesempatan mendapat beasiswa ini nantinya akan dimita bukti berupa nominal UKT yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus.

6.  Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA ini sebetulnya hampir sama saja dengan Beasiswa BBM sebelumnya. Hanya saja terdapat perbedaan yang sangat mendasar diantara kedua beasiswa ini. Jika Beasiswa BBM diperuntukkan khusus bagi mereka yang kurang mampu, Beasiswa PPA ini khusus bagi mereka mahasiswa berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

7. Beasiswa Bank Indonesia

Program beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia ini ditujukan bagi mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1 yang sedang berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Mahasiswa yang bisa mendaftar beasiswa ini biasanya mulai dari mahasiswa semester 3 dengan latar belakang ekonomi kurang mampu serta minimal IPK harus 3,00.

8. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa Djarum Plus yang diberikan oleh salah satu perusahaan swasta menjadi beasiswa yang sangat populer dan juga bergengsi dikalangan para pelajar. Program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dari perguruan tinggi ternama dan tentunya disertai dengan prestasi yang dimilikinya juga. Melalui beasiswa ini, kamu tidak hanya mendapatkan bantuan dana untuk perkuliahan saja tetapi juga berbagai macam pelatihan soft skill yang tentunya akan sangat berguna di masa depan nanti.

9. Beasiswa Pertamina

Pertamina merupakan salah satu perusahaan besar milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan bantuan dana berupa beasiswa UKT maksimal sebesar Rp 5jt tiap semesternya sekaligus bantuan biaya hidup bulanan. Beasiswa ini dapat diikuti oleh kamu mahasiswa S1 maupun Diploma dengan syarat sedang berkuliah di perguruan tinggi mitra beasiswa pertamina.

10. Beasiswa Tanoto Foundation

Program Beasiswa Tanoto Foundation ini setiap tahunnya memberikan bantuan dana berupa beasiswa kepada para mahasiswa di Indonesia yang sedang berkuliah di perguruan tinggi mitra beasiswa Tanoto serta mempunyai prestasi dan juga potensi yang baik. Cakupan beasiswa yang diberikan pun penuh selama 8 semester dan tunjangan setiap bulannya.

Demikian penjelasan mengenai 10 daftar beasiswa populer dalam negeri yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan jangan sampai terlewatkan ya!