6 Skill yang Wajib Kamu Miliki Selama Menjadi Mahasiswa


Dunia perkuliahan sungguh terlihat sangat menarik, namun menjadi seorang mahasiswa tentu tidaklah mudah dan memakan proses yang lumayan cukup panjang. Sebelumnya, kamu harus bisa melewati berbagai macam tes seleksi agar bisa masuk ke kampus dan jurusan impian. Setelah resmi dinyatakan lulus barulah kamu menyandang status sebagai mahasiswa.

Ketika menjadi mahasiswa baru, kamu harus bisa beradaptasi kembali karena dari masa SMA/sederajat ke perkuliahan itu tentunya akan jauh berbeda meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu menuntut ilmu. Saat kuliah, kamu dituntut untuk menjadi seseorang yang mandiri, bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Apalagi bagi kamu yang merantau jauh dari rumah diusahakan harus serba bisa melakukan segala hal sendiri.

Selain itu, penting juga untuk kamu menguasai atau mengasah skill-skill tertentu yang kemungkinan besar berguna saat menjalani proses perkuliahan. Jadi, pada artikel kali ini mimin akan bahas mengenai skill apa saja yang perlu dikuasai atau wajib dimiliki selama kamu menjadi seorang mahasiswa. Yuk, simak penjelasan berikut ya!

1. Komunikasi

Di perkuliahan kamu harus aktif bertanya dan menyampaikan opini kalau mau mendapatkan nilai lebih bagus, karena hal tersebut termasuk salah satu aspek penilaian oleh dosen saat sedang kegiatan belajar mengajar. Selain itu, kamu juga nantinya akan seringkali melakukan presentasi di depan kelas atau melalui aplikasi konferensi seperti Zoom dan Google Meet saat perkuliahan daring seperti sekarang.

Nah, dengan kamu mempunyai soft skill berupa kemampuan komunikasi yang baik tentunya itu akan sangat membantu serta sebagai mahasiswa baru yang notabenenya belum mempunyai banyak teman, jika terdapat skill komukasi ini kamu akan lebih mudah berkenalan dan mendapat banyak teman.

2. Bekerja Sama

Anak kuliahan seringkali terkesan dianggap sebagai seorang yang individualis. Padahal tidak semuanya seperti itu, lho! Bahkan, tugas perkuliahan pun banyak yang berupa tugas kelompok. Kamu harus bisa bekerja sama serta menerima saran atau pendapat dari teman. Tentunya itu tidaklah mudah, apalagi ketika satu kelompok dengan teman yang tidak satu frekuensi dan satu pemikiran. Jadi pada dasarnya belajarlah untuk saling menghargai satu sama lain dulu, baru bisa bekerja sama dengan baik.

Skill ini pun tidak hanya berguna saat masa perkuliahan saja, melainkan saat kelak nanti kamu bekerja pastinya harus bisa bekerja sama dengan baik agar tercapainya suatu tujuan.

3. Manajemen Waktu

Manajamen waktu tidak kalah penting dari kedua skill sebelumnya. Saat perkuliahan nanti, kamu tidak hanya memiliki kewajiban untuk belajar saja tetapi terdapat tanggung jawab lain seperti dari organisasi ataupun himpunan, belum lagi tugas yang harus segera diselesaikan. Agenda keseharian kamu akan sangat sibuk dan padat sekali dengan berbagai macam kegiatan. Dengan begitu, kamu harus bisa membagi waktu dan menentukan skala prioritas dengan baik.

4. Berpikir Kritis

Berpikir kritis artinya kamu harus bisa melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang yang ada. Pentingnya mahasiswa memiliki soft skill ini, karena selama kuliah kamu harus membiasakan diri untuk mempertanyakan segala hal agar tidak menelan informasi secara mentah-mentah dari apa yang dijelaskan oleh dosen ataupun siapa saja. Setidaknya, kamu akan mendapatkan sebuah informasi yang lebih logis sesuai fakta serta pengetahuan-pengetahuan baru lainnya.

5. Penyelesaian Masalah (Problem Solving)

Dalam hidup ini pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya masalah, sekalipun dalam dunia perkuliahan juga. Seringkali hal-hal berjalan tidak sesuai dengan rencana dan berbagai tantangan pun kerap kali menghampiri. Maka, kamu harus bisa menemukan solusi-solusi apa saja yang akan membantu untuk menyelesaikan masalahnya. Terlepas dari itu sendiri ataupun bersama-sama dengan orang lain.

Untuk mengasah salah satu soft skill ini kamu bisa mulai mencobanya dengan turut serta dalam sebuah organisasi, menjadi volunteer, dan lain-lain. Dengan begitu, disana kamu akan banyak belajar seperti bagaimana mengelola sebuah kegiatan, sehingga lambat laun kamu akan terbiasa menyeselaikan beragam persoalan yang ada.

6. Networking

Sebagai seorang mahasiswa, networking skill atau kemampuan membangun jaringan atau hubungan dengan orang lain ini akan sangat penting dimiliki karena akan berguna untuk masa depan nanti, yakni saat mengembangkan karir atau mulai memasuki dunia kerja. Selain itu, menjalin komunikasi dan  menjaga hubungan yang baik dengan orang lain pun tentunya akan banyak membawa dampak positif selama kamu bisa membatasi dan memilah mana yang baik atau buruk.

Nah, itulah 6 skill yang perlu kamu kuasai ketika menjadi mahasiswa. Bagi kamu yang baru akan memasuki dunia perkuliahan, sudahkah mempersiapkannya? Semoga bermanfaat.