6 Tips Supaya Materi Cepat Masuk Saat Pembelajaran Daring



Saat ini belajar dari rumah yang dilakukan berbasis daring atau secara online melalui  berbagai aplikasi konferensi seperti Google Meet atau Zoom sudah menjadi rutinitas para pelajar mulai dari jenjang sekolah dasar hingga mahasiswa. Hal ini tentunya imbas dari adanya pandemi virus Covid-19 sehingga mewajibkan untuk senantiasa menjaga jarak.

Belajar secara daring sendiri memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Tidak sedikit yang mengeluh soal pembelajaran jarak jauh ini karena dituntut untuk lebih banyak belajar secara mandiri. Oleh karena itu, para pelajar perlu memiliki strategi yang bagus agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu, bagaimana cara supaya belajar di rumah tetap efektif dan materi cepat masuk ke otak? Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

1. Mandi Sebelum Kelas Online Terutama di Pagi Hari

Meskipun proses pembelajaran sepenuhnya dilakukan secara daring atau online, ada baiknya kamu harus tetap mandi terlebih dahulu. Bukan masalah pencitraan kepada guru atau dosen, tapi hal ini akan membuat kamu jauh lebih fokus apalagi jika menjelang kelas dipagi hari yang biasanya dalam keadaan masih mengantuk. Ketika menampilkan video wajah selama kelas pun akan terlihat lebih rapi serta bisa sebagai bentuk menghormati ilmu yang diberikan juga.

2. Buat Area Belajar menjadi Lebih Nyaman

Dari setiap sudut ruangan yang ada dirumah pasti kamu memiliki satu ruang atau area strategis yang digunakan khusus untuk belajar. Buatlah area tersebut senantiasa bersih dan rapi setiap waktu serta dengan pencahayaan yang cukup supaya belajarmu jauh lebih nyaman. Sementara itu, coba jauhkan hal-hal yang kemungkianan nantinya bisa mengganggu seperti mainan dan lain-lain.

3. Pilihlah Waktu Belajar yang Tepat

Selain membuat area belajar yang nyaman, memilih waktu yang tepat untuk belajar pun merupakan hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Tidak setiap orang memiliki waktu fokus yang sama karena kepribadian satu dengan yang lainnya pun berbeda. Jadi, terlebih dahulu diusahakan untuk mengenal diri kamu seperti apa barulah memilih dan menentukan waktu yang tepat. Namun, secara umum biasanya lebih suka pada waktu pagi atau malam hari.

4. Gunakan Buku Penunjang

Menggunakan buku penunjang merupakan salah satu inisiatif yang bagus untuk membantu kamu supaya lebih memahami materi. Semakin banyak sumber yang dipelajari tentunya akan jauh lebih bagus, bukan? Setidaknya kamu sudah mengenal lebih awal apa yang akan dipelajari saat kelas. Kamu bisa mencari buku penunjang ini sebelum atau saat sesudah masuk. Biasanya guru atau dosen pun nantinya akan memberikan beberapa rekomendasi buku apa saja yang kemungkinan besar akan membantu belajar kamu.

5. Beli Paket Kuota Murah dengan Benefit yang Banyak

Pada saat pembelajaran daring atau online kuota menjadi komponen penunjang yang utama. Bagaimana tidak, saat mau melakukan kegiatan belajar mengajar melalui berbagai macam aplikasi tentunya memerlukan ini. Bahkan, penyaluran subsidi kuota dari pemerintah pun sudah diberikan sejak tahun lalu meski belum semua pelajar menerima bantuan subsidi kuota ini dikarenakan berbagai macam kendala yang ada. Untungnya, kini hampir setiap provider sudah menyediakan kuota khusus untuk belajar dan terbilang jauh lebih murah.

6. Jangan Lupa Berdoa

Poin terakhir ini tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya pada saat menuntut ilmu. Seberapa besar usaha kamu bila tidak dibarengi dengan doa hasil yang akan didapat pastinya akan kurang maksimal atau tidak akan bertahan lebih lama. Ketika berdoa pun harus percaya dan optimis karena Tuhan itu pemilik dari segala ilmu, maka mintalah kepada-Nya melalui doa niscaya pikiranmu akan jauh lebih terbuka.

 

Pada dasarnya memang memerlukan effort lebih jika ingin paham terhadap suatu materi. Semoga beberapa tips diatas bisa membantu sehingga belajarmu menjadi lebih efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal ya!