Berikut 4 Tips Agar Kamu Terhindar dari Salah Pilih Jurusan Kuliah


Tidak terasa sebentar lagi sudah akan mulai memasuki tahun ajaran baru. Sementara itu, pandemi Covid-19 masih saja menetap sampai saat ini sehingga membuat civitas akademika seperti dosen dan mahasiswa serta lembaga pendidikan lainnya pun masih melakukan pembelajaran jarak jauh atau seringkali dikenal dengan sebutan daring.

Bagi sahabat infoptn pejuang SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Mandiri yang belum berhasil untuk masuk perguruan tinggi dan jurusan impiannya pada tahun ini, jangan sedih apalagi sampai putus asa ya. Itu artinya kamu masih mempunyai waktu dan diberi kesempatan supaya mengenal diri kamu lebih jauh lagi. Coba kalian lihat saja, diluar sana banyak dari teman-teman kamu merasa salah dengan jurusan yang mereka dapatkan sekarang karena persiapan yang belum begitu matang saat memilih jurusannya.

Tentu saja, kenyataannya tidak bisa dipungkiri juga bahwa saat memilih jurusan itu tedapat banyak sekali faktor yang dapat memengaruhinya baik itu faktor dari dalam diri kamu sendiri atau faktor dari luar seperti keluarga, teman, guru, dan lainnya. Bahkan, bisa saja jurusan yang kamu ambil sebelumnya pun sebenarnya bukan yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan kamu. Oleh karena itu, berikut beberapa tips supaya kamu terhindar dari salah dalam memilih jurusan kuliah.

1. Kenali potensi diri yang kamu punya

Mengenali potensi diri menjadi salah satu hal dasar yang seharusnya sudah kamu ketahui secara detail sebelum memilih jurusan kuliah. Dengan begitu, kamu akan bisa fokus terhadap satu bidang studi dan mulai berkembang dari sana.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan juga jika berkuliah sudah sesuai dengan potensi dan kemampuan, selain mempermudah saat menjalani masa perkuliahan, nantinya saat setelah lulus kemudian terjun ke dalam dunia kerja pun akan jauh lebih enjoy menjalaninya serta tidak merasa terbebani.

2. Jangan memilih hanya karena populer dan prospek cerah

Berpikir dan mempersiapkan tentang karir dimasa depan itu sangatlah penting, tapi semua tetap akan ada kelebihan dan kekurangannya juga. Bahkan, kehidupan yang kita jalani saat ini pun sifatnya dinamis. Oleh karena itu, apa saja yang kamu pelajari saat diperkuliahan nanti belum tentu cukup apalagi sama dengan pekerjaan yang akan kamu tekuni.

3. Jangan ikut-ikutan teman

Selanjutnya, jangan memilih jurusan karena teman. Tentu tidak ada salahnya jika kamu berusaha ingin setia kawan, tapi harus diingat juga bahwa kamu harus punya pendirian yang kuat terkait memilih jurusan kuliah. Belum tentu kamu dan temanmu itu mempunyai minat dan bakat pada bidang yang sama. Percaya pada diri sendiri, disaat kamu sudah ahli pada suatu bidang maka lambat  laun akan banyak orang yang memerlukan bantuan dari kamu kok.

4. Coba terima saran dari orang tua

Setiap orang tua tentu mempunyai harapan besar terhadap anaknya terutama dengan hal-hal yang berkaitan dengan karir atau masa depannya kelak. Misalnya, ada orangtua yang ingin anaknya fokus dibidang kesehatan seperti menjadi dokter atau ada juga orang tua yang menginginkan anaknya bekerja di lembaga sosial hingga lembaga pemerintahan.

Maka dari itu, ketika memilih jurusan kuliah sebaiknya kamu dengar dan pertimbangkan juga saran dari orang tua. Jika memang satu tujuan maka oleh Tuhan juga akan jauh lebih dipermudah dalam proses mencapainya. Namun, bila berbeda dan kamu memiliki keinginan lain cobalah untuk disampaikan secara baik dan jelas beserta alasannya agar orang tua pun ikut mengerti akan apapun itu yang menjadi pilihan kamu.

Nah, itulah beberapa tips supaya kamu terhindar dari salah dalam memilih jurusan kuliah. Akan tetapi, tetaplah belajar untuk senantiasa berpikir secara positif terhadap apa saja yang kamu dapatkan nantinya sekalipun tidak berjalan sesuai dengan harapan, serta yakinlah bahwa akan ada kebaikan lain yang sedang menunggu kamu disana. Good luck!