Gap Year? Berikut 6 Inspirasi Kegiatan Bantu Kamu Lebih Produktif


Setelah pengumuman penerimaan mahasiswa baru mungkin sebagian diantara kamu belum diterima di jurusan atau kampus yang dituju sejak awal atau bisa juga ada diantara kamu sekalian masih merasa belum yakin dengan kampus yang sekarang. Mungkin gap year bisa menjadi salah satu alternatif hal yang sebaiknya perlu kamu pertimbangkan, tetapi akan penuh dengan tanggung jawab juga ketika kamu sudah mengambilnya.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan gap year? Gap year adalah tahun jeda yang diambil oleh seseorang setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajatnya yang kemudian memutuskan untuk tidak langsung berkuliah pada tahun tersebut dengan bermacam alasan. Jadi, ada jarak jeda satu atau dua tahun dulu sebelum melanjutkan kuliah.

Ada beberapa alasan tepat yang bisa mendasari keputusan untuk mengambil gap year atau tahun jeda, seperti ingin mengejar jurusan tertentu yang memang sudah sesuai dengan minat dan kemampuan, ingin mempersiapkan diri terlebih dulu, ataupun bisa jadi saat ini sedang dalam keadaan yang belum tepat perihal masalah pembiayaan sehingga memutuskan untuk bekerja atau sebenarnya mungkin sudah mengincar beasiswa juga tetapi belum berkempatan untuk mendapatkannya.

Nah, tentunya kamu yang memilih gap year tidak mau bukan kalau waktunya nanti akan terbuang percuma begitu saja? Oleh karena itu, terlebih dahulu perlu direncanakan apa saja yang ingin dilakukan dalam masa gap year atau tahun jeda tersebut. Buat kamu yang masih bingung, berikut minfo beri saran beberapa kegiatan yang sebaiknya kamu lakukan, diantaranya yaitu:

 

1. Belajar

Belajar untuk persiapan tes seleksi tahun depan merupakan hal pertama yang tetap harus kamu prioritaskan saat menjalani masa gap year. Tentunya berusahalah untuk belajar lebih giat lagi dibanding sebelumnya. Coba juga untuk mulai belajar memahami apa saja kesalahan yang telah kamu lakukan sehingga kamu tidak lolos, kemudian perbaiki satu persatu secara perlahan. Jadi, jangan sampai kamu kembali mengulang kesalahan yang sama. Ingat, penyesalan selalu berada diakhir!

2. Kerja paruh waktu

Mengambil kerja paruh waktu seperti magang atau freelance bisa saja menjadi pilihan kamu saat gap year, tetapi harus tetap fokus pada tujuan utama seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya yaitu belajar.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sini juga tentulah sangat banyak, selain mendapatkan gaji yang meskipun belum seberapa tapi pengalaman yang akan kamu dapatkan nantinya akan jauh lebih berharga.

3. Tekuni hobi

Gap year ini bisa menjadi waktu yang sangat tepat untuk kamu lebih menekuni hobi. Bahkan, sekarang hobi itu tidak hanya untuk sekedar mengisi waktu luang saja tetapi bisa memberikan penghasilan juga, seperti memasak, menulis, membuat vlog, dan sebagainya. Pandailah untuk kamu memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada.

4. Menjadi volunteer

Volunteer atau relawan menjadi salah satu kegiatan produktif yang bisa kamu ambil. Disini kamu akan belajar banyak hal sesuai dengan bidang yang kamu pilih, seperti bidang pendidikan, sosial, kesehatan dan lainnya. Meskipun pada kegiatan ini kamu tidak mendapatkan imbalan secara materi, tetapi secara tidak langsung kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang tentunya akan lebih berguna di masa depan. Kamu akan menjadi seseoang yang lebih dewasa, pekerja keras, memiliki rasa empati dan simpati yang lebih besar, menambah teman, wawasan, serta masih banyak lagi.

5. Ikut kursus  atau seminar

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu ambil yaitu mengikuti kursus atau seminar. Di zaman sekarang yang serba teknologi ini tentunya itu menjadi hal yang sangat mudah karena banyak media yang sudah memberikan fasilitasnya, tinggal kamu sendiri yang mau atau tidak. Kemudian, tinggal menyesuaikan dengan minat serta bakat kamu sendiri.

6. Liburan

Terakhir, selama masa jeda satu tahun itu jangan lupa menyempatkan waktu juga untuk berlibur. Tubuh kamu memang perlu istirahat tetapi kamu wajib mengeksplorasi beragam hal diluar sana. Bisa saja dengan liburan tersebut memberikan kesan lebih bagi kamu apalagi jika berkunjung ke tempat-tempat yang memang sesuai dengan hobi serta minat dan bakat. Tidak ada salahnya bukan kalau saat liburan sambil tetap belajar? Sebagai contoh, kamu bisa berkunjung ke museum dan beragam cagar budaya.

Jangan ragu apalagi malu untuk mengambil gap year ya, kalau sudah dengan segala pertimbangan yang matang untuk mengambilnya maka kamu harus bisa menunjukkan bahwa itu memang sebuah keputusan yang tepat. Jalanilah dengan penuh percaya diri karena bisa jadi gap year itu menjadi tahun terbaik kamu untuk lebih mengenal dan mencari tahu apa yang menjadi minat bakat kamu sebenarnya sepertiapa dan lain sebagainya. Namun, sayangnya tidak ada jaminan 100% juga kalau kamu akan mendapatkan beberapa hal itu. Semuanya tentu kembali lagi pada cara dimana kamu mengisinya.

Bagaimana sobat infoptn, sudah mempertimbangkan keputusan untuk lebih memilih gap year? Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi kamu ya. Tetap semangat!