Lakukan 5 Tips Berikut Ini Supaya Kuliahmu Cepat Selesai dalam 3,5 Tahun!


Lulus kuliah cepat merupakan impian sekaligus target bagi sebagian besar mahasiswa. Biasanya yang dimaksud cepat disini yaitu dalam jangka waktu 7 semester atau 3,5 tahun. Tentunya didasari oleh bermacam-macam alasan juga, entah itu mau cepat terjun ke dalam dunia kerja, mau melanjutkan S2, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, semuanya kembali lagi pada kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi atau fakultas, apakah bisa lulus dalam jangka tersebut atau tidak karena tentunya masing-masing perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri. Kemudian, ditambah oleh faktor dalam hal personal setiap mahasiswanya, seperti ditentukan oleh riwayat akademik dan juga skripsi. Nah, bagi sobat infoptn khususnya bagi kamu mahasiswa baru yang akan menjalani masa perkuliahan serta memiliki target untuk segera lulus, yuk perhatikan beberapa tips berikut ini!

 

1. Manajemen waktu dengan baik

Manajamen waktu adalah satu dari sekian hal yang paling utama yang dapat membantu kamu mempercepat dalam mencapai target, salah satunya keinginan untuk lulus kuliah dengan cepat. Cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih mempermudah itu semua yaitu dengan menentukan kegiatan apa yang menjadi prioritas lalu dituangkan ke dalam bentuk agenda sehari-hari. Namun, jangan sampai kamu membatasi diri hanya untuk urusan akademik saja. Berusahalah untuk tetap menyeimbangkan dengan hal-hal lainnya juga, seperti keluarga, teman, organisasi, lomba, dan sebagainya.

 

2. Lulus SKS minimum tiap semester

Jika ingin lulus cepat kamu harus pastikan bahwa tidak ada mata kuliah yang mengulang karena itu akan membahayakan kamu di semester berikutnya. Kalau kamu mengulang berarti kamu harus menyesuaikan jadwal lebih banyak lagi dan itu cukup rumit. Bahkan, sering kali jadwal ujian itu nantinya akan saling bertabrakan dengan jadwal ujian yang sedang kamu jalani pada semester ini sehingga bisa menyebabkan nilai ujian pun kurang maksimal. Sebagai saran, kalau bisa lebih baik mengambil tambahan SKS tetapi dengan tetap melihat seberapa besar kemampuan kamu.

 

3. Capai nilai IP diatas 3,5 atau Cumlaude

Standar bagus atau tidaknya IP tiap perguruan tinggi atau program studi itu sebetulnya relatif karena terdapat berbagai macam faktor yang bisa memengaruhinya. Namun, tidak ada salahnya bahkan lebih bagus jika mendapatkan IP diatas 3,5 kan? Dengan begitu kamu akan mempunyai kesempatan untuk mengambil pilihan SKS yang tersedia sampai dengan jumlah maksimal. Tentunya hal tersebut bisa mempercepat kamu untuk ambil skripsi lebih awal dan lulus 3,5 tahun sesuai target.

 

4. Pikirkan topik skripsi lebih awal

Bukanlah suatu persoalan yang sulit untuk kamu memikirkan hal ini jauh lebih awal, karena percuma saja jika nantinya kamu bisa mengambil skripsi tapi belum tahu apa yang harus dibahas, ‘kan? Bahkan, hasil akhirnya kemungkinan besar akan tertunda juga. Jadi, sebisa mungkin kamu persiapkan ini juga dengan beberapa langkah kecil terlebih dahulu, seperti mencari tahu topik yang kamu sukai atau topik yang kemungkinan besar akan kamu kuasai dan ingin kamu tulis nanti. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus untuk mengeksplorasi lebih jauh kedepannya.

 

5. Temukan teman yang satu visi

Teman disini tidak hanya berfungsi saling membantu saat menjalani masa perkuliahan saja, tetapi nanti juga pada saat menjalani skripsi. Seorang teman pasti akan memberikan sumbangsih yang sangat besar baik dalam perihal pengerjaan tugas maupun skripsi dan sebagainya, khususnya dalam hal emosional atau motivasi karena pada hakikatnya rasa semangat itu bersifat fluktuatif.

 

Oke, itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk membantu kamu mencapai target lulus kuliah dengan cepat. Jangan sampai waktu yang kamu punya selama menempuh studi di kampus itu dihabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Semoga apapun yang kamu rencanakan bisa berjalan dengan baik, ya sobat infoptn!