Rekomendasi 7 Pekerjaan Part Time untuk Pelajar atau Mahasiswa


Halo sobat infoptn, untuk kamu yang mungkin sedang berkuliah dan ingin memiliki aktivitas lain untuk mengisi waktu ada salah satu opsi yang bisa kamu pilih yaitu bekerja sampingan atau yang seringkali disebut part-time. Mengisi kegiatan luang dengan hal yang bermanfaat pastinya akan sangat berguna apalagi bisa mendapatkan uang jajan tambahan. Jika kamu punya waktu luang, pekerjaan-pekerjaan part-time ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin mencari kegiatan selain rebahan.

 

1. Tutor atau Guru Les

Jika kamu memiliki passion mengajar maka pekerjaan ini akan sangat cocok. Pada pekerjaan ini kamu bisa membantu adik-adik yang masih bersekolah untuk memahami pelajaran-pelajaran tertentu. Mata pelajarannya pun beragam, seperti matematika, biologi, kimia, hingga ilmu-ilmu sosial seperti ekonomi pun banyak diminati. Pekerjaan ini semakin menarik karena di zaman teknologi yang canggih ini kamu bisa mengajar dengan cara online.

2. Pedagang Online

Berdagang sembari belajar adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang masih berkuliah. Apalagi sekarang transaksi pun bisa dilakukan secara online serta dengan marketplace yang kini semakin beragam. Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas bagi kamu untuk mendapatkan pendapatan lebih.

Jika kamu bingung apa barang yang ingin dijual, alternatifnya kamu bisa menjadi dropshipper. Sistem ini memungkinkan kamu untuk berdagang tanpa memiliki modal yang besar karena tidak perlu menyediakan tempat dan melakukan proses pengiriman. Model bisnis ini menawarkan barang dari supplier ke pembeli atas nama dropshipper sehingga seolah-olah kamulah yang menjadi penjual pertama suatu produk.

3. Ojek Online

Pekerjaan ini sering banget pastinya kamu temui di jalan atau bahkan kamu adalah pelanggan setia dari ojek online. Tidaklah heran karena saat ini ojek online semakin dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti layanan antarjemput, antarmakanan, hingga mengantar barang. Diberbagai kota kamu bisa mendaftar sebagai mitra, tentunya dengan syarat kamu harus memiliki SIM C dan kendaraan yang memadai. Pekerjaan ini juga menawarkan fleksibilitas sehingga bisa banget disambi saat menempuh masa studi.

4. Barista

Maraknya tren minum kopi beriringan dengan hal semakin banyaknya juga cafe-cafe yang membutuhkan jasa barista. Kalau kamu suka dan tertarik untuk mempelajari dunia kopi maka pekerjaan yang cukup banyak diminati ini bisa jadi pilihan kamu untuk mengisi waktu luang.

Biasanya tiap cafe memiliki kebijakannya masing-masing. Ada yang membuka lowongan bagi barista yang sudah mahir dan tersertifikasi, tetapi ada juga cafe yang membuka lowongan bagi pemula. Maka dari itu, jangan ragu untuk memulai perjalanan di industri kopi jika kamu masih dalam tahapan belajar.

5. Penulis

Dengan laptop dan koneksi internet kini kamu bisa memeroleh pendapatan. Saat ini dengan adanya digitalisasi semakin banyak media-media dan perusahaan yang membutuhkan jasa penulis freelance. Kebutuhannya pun berbeda-beda yang tentunya bisa disesuaikan dengan minat kamu. Misalnya, media yang membutuhkan penulis dengan ketertarikan pada topik pendidikan, olahraga, hingga teknologi. Nantinya tugas yang akan diberikan pun beragam, seperti membuat skrip video, menulis artikel, tulisan akademis, resesi buku, hingga konten pemasaran.

Pekerjaan ini akan sangat cocok bagi kamu yang suka menulis dan bersahabat dengan deadline. Ditambah kebiasaan menulis di perkuliahan dalam mengerjakan tugas-tugas tentunya sangat bisa diterapkan pada pekerjaan ini.

6. Desainer

Apakah kamu sering menjadi panitia bagian desain di kegiatan kampus? Kemampuan kamu yang satu ini bisa menghasilkan pendapatan juga lho. Lebih tepatnya sebagai desainer lepas. Ada berbagai cabang yang bisa kamu tekuni, seperti pembuatan logo hingga desain karikatur.

Petualanganmu menjadi desainer lepas ini akan terangkum kedalam portofolio yang menjadi sebuah senjata untuk mencari proyek-proyek lainnya. Jika reputasimu semakin baik sebagai desainer, maka  bukan tidak mungkin tarif jasa kamu pun akan ikut meningkat.

7. Fotografer atau Videografer

Seperti dua pekerjaan sebelumnya, jika desainer mengunakan hasil menggambar dan penulis mengunakan tulisan sebagai buah karyanya. Pekerjaan satu ini membutuhkan sentuhan seni dengan memanfaatkan cahaya. Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang memiliki kamera dan senang bereksplorasi dengannya untuk menciptakan visual yang indah.

Biasanya berbagai proyek dan perusahaan-perusahaan membutuhkan jasa ini untuk keperluan komersial. Objek fotonya pun beragam mulai dari panorama, model, hingga makanan. Maka dari itu, pekerjaan sampingan ini cocok buat kamu seorang pelajar yang lihai menggunakan kamera.

Nah, itulah 7 rekomendasi pekerjanan sampingan yang bisa menghasilkan uang bagi pelajar. Menarik bukan kuliah sambil bekerja? Ayo, daripada rebahan terus bingung mau ngapain lebih baik perbanyak eksplorasi diri dengan mulai mencoba mengabil kerjaan paruh waktu yang menarik dan tentunya bisa nambah isi kantong juga. Namun, perlu diingat bahwa prioritas untuk belajar tidak boleh sampai terlupakan. Semoga bermanfaat!