Skema KIP Kuliah Merdeka 2021, Apa yang Berubah?


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu meluncurkan Merdeka Belajar Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang ke sembilan yaitu KIP Kuliah Merdeka. Beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi secara merata dan juga berkualitas. Jadi, disini pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  merubah skema beasiswa KIP Kuliah dengan menggantinya menjadi KIP Kuliah Merdeka. Pemerintah membantu memberikan biaya pendidikan atau uang kuliah serta biaya hidup sehari-harinya yang jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Nah, perubahan skema KIP Kuliah menjadi KIP Kuliah Merdeka ini mulai berlaku untuk mahasiswa baru yang menerima bantuan beasiswa KIP Kuliah Merdeka pada tahun 2021. Anggaran yang akan dialokasikan oleh pemerintah untuk KIP Kuliah ini meningkat secara signifikan yang awalnya pada tahun 2020 lalu hanya senilai Rp 1,3 triliun pada tahun 2021 ini berubah menjadi Rp 2,5 triliun.

KIP Kuliah Merdeka 2021 rencananya akan diberikan pada total 200.000 mahasiswa baru baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang pastinya berada dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Adapun biaya pendidikannya akan disesuaikan dengan akreditasi prodinya masing-masing, sebagai berikut:

  • Prodi dengan akreditasi A : maksimal senilai Rp 12 juta
  • Prodi dengan akreditasi B : maksimal senilai Rp 4 juta
  • Prodi dengan akreditasi C : maksimal senilai Rp 2,4 juta

Kabar baiknya kini biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka 2021 juga akan disesuaikan dengan indeks harga atau mahal tidaknya biaya hidup pada daerah letak kampus. Jumlah besaran biaya hidup yang nantinya akan diterima oleh masing-masing mahasiswa jika sudah resmi ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah Merdeka oleh pihak perguruan tinggi akan dibagi kedalam 5 klaster daerah, sebagai berikut:

  • Klaster pertama : Rp 800 ribu
  • Klaster kedua : Rp 950 ribu
  • Klaster ketiga : Rp 1.100 ribu
  • Klaster keempat : Rp 1.250 ribu
  • Klaster kelima : Rp 1.400 ribu

Dengan skema baru KIP Kuliah Merdeka ini, nantinya biaya pendidikan secara langsung akan diberikan kepada pihak perguruan tinggi. Sedangkan, bantuan biaya hidup masing-masing mahasiswa akan diberikan atau ditransfer ke nomor rekening yang dimiliki secara pribadi. Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri dalam pemberiannya, bisa dalam jangka waktu satu semester sekali, atau bahkan bisa saja diberikan setiap bulan sesuai dengan nominal yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jangka waktu setiap mahasiswa menerima bantuan beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini didasarkan pada lamanya masa studi yang ditempuh sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan secara normal, sebagai berikut:

  • Program S1 atau D4 dengan masa studi maksimal 8 semester
  • Proram D3 dengan masa studi maksimal 6 semester
  • Program D2 dengan masa studi maksimal 4 semester
  • Program D1 dengan masa studi maksimal 2 semester

Oleh karena itu, berusahalah untuk lulus tepat pada waktunya karena nanti bantuan beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini tidak akan memberikan penambahan dana apabila kamu belum juga lulus sesuai dengan  maksimal masa studi normal seperti diatas. Selain itu, bantuan beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini bisa saja dicabut oleh pihak perguruan tinggi jika kamu tidak tidak bisa memenuhi atau menurunnya standar prestasi seperti IPK dan sebagainya. Maka, selain lulus tepat waktu sebisa mungkin harus terus meningkatkan prestasi juga selama menempuh masa studi di kampus tersebut.

Harapannya karena KIP Kuliah ini sudah menyediakan dana untuk membayar uang kuliah yang lebih besar sampai senilai Rp12 juta, maka untuk mahasiswa baru kurang mampu tidak perlu khawatir lagi untuk memilih prodi-prodi atau perguruan tinggi termasuk daerah yang akan kalian tuju karena oleh pemerintah sudah disesuaikan juga dengan tingkat kemahalan biaya hidup daerah. Jadi, setiap anak bisa memperluas kesempatan untuk belajar apa saja sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sekian, semoga informasi ini bisa memberikan sedikit gambaran untuk membantu kamu supaya lebih mengenal akan ketentuan KIP Kuliah Merdeka ini ya. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau masih belum paham berdasarkan penjelasan diatas silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat!