Informasi Seleksi Prestasi ITS 2022, Bisa Pakai KIP-Kuliah dan Tanpa Uang Pangkal

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada tahun 2022 membuka tiga jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi mandiri yaitu Seleksi Kemitraan, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Prestasi. Akan tetapi, kamu hanya bisa memilih pada satu jalur seleksi saja.

Seleksi Prestasi merupakan salah satu pola seleksi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) secara mandiri bagi pelajar berprestasi yang memiliki keinginan untuk berkuliah di ITS pada program studi sarjana. Seleksi ini menggunakan nilai rapor yang mana didukung oleh prestasi yang sudah dimiliki semasa di sekolah, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Seleksi Prestasi ini memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat pada tiga tahun terakhir yaitu lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 termasuk yang mendaftar dengan KIP-Kuliah bisa ikut mendaftar. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuka kesempatan atau alternatif seleksi lain dengan menggunakan prestasi selain dari SNMPTN serta untuk menjaring calon mahasiswa yang tentunya berkualitas. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak informasi berikut ini.

 

Ketentuan Seleksi Prestasi ITS 2022

Seleksi Prestasi ini dibuka untuk semua program studi sarjana, dimana siswa yang diterima hanya dari jurusan yang berasal dari eksakta saja.  Sementara itu, khusus bagi siswa yang dari jurusan non-eksakta hanya diperbolehkan mendaftar pada program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan. Khusus pendaftar dari lulusan SMK harus memilih program studi dengan syarat menyesuaikan atau relevan dengan jurusan yang telah diambil sebelumnya.

 

Kategori Seleksi Prestasi ITS 2022

Pendaftar pada jalur Seleksi Prestasi ini diwajibkan minimal memiliki satu jenis prestasi yang sesuai dengan kriteria serta harus dilampiri dengan bukti prestasi, bisa berupa piagam penghargaan, sertifikat, surat keterangan atau surat rekomendasi dari Kepala Sekolah.

  • Juara di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional (olimpiade sains, olahraga, seni, dan karya ilmiah).
  • Penghafal kitab suci.
  • Pengalaman dalam bidang organisasi (ketua, wakil, atau anggota).
  • Termasuk kedalam peringkat 1 – 15 final siswa di sekolah (mengikuti pemeringkatan pada ketentuan siswa eligible di SNMPTN).
  • Pengalaman sebagai ketua panitia.

 

Khusus pendaftar pada program studi Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Industri, dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diwajibkan mengunggah dokumen berupa Portofolio Desain.

Beberapa program studi juga mengharuskan melakukan tes buta warta ketika daftar ulang beserta syarat fungsi penglihatan yang memadai dalam membedakan warna supaya proses pembelajaran nantinya akan berlangsung dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Namun, bagi pendaftar yang memiliki fasilitas secara mandiri sebagai alat bantu fungsi penglihatan terhadap pengenalan warna dan dipastikan bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dengan normal diperkenankan untuk tetap mendaftar pada program studi tersebut.

Sejumlah program studi yang mensyaratkan terkait ketentuan buta warna diantaranya yaitu Biologi, Kimia, Teknik Kimia, Teknik Geofisika, Teknik Geomatika, Teknik Lingkungan, Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Produk.

Biaya Pendaftaran Seleksi Prestasi ITS 2022

Biaya pendaftaran pada jalur Seleksi Prestasi ITS tahun 2022 yaitu sebesar Rp 250.000 dengan ketentuan maksimal memilih 2 program studi. Sementara itu, bagi pendaftar menggunakan KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran dengan ketentuan memilih program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul. Seleksi ini juga tidak dikenakan oleh Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).


Jadwal Pendaftaran Seleksi Prestasi ITS 2022

  • Pendaftaran: 25 April 2022 – 31 Mei 2022
  • Verifikasi Prestasi Hafalan Kitab Suci: 06 Juni 2022
  • Pengumuman: 08 Juni 2022
  • Daftar Ulang: 09 – 13 Juni 2022

 

Itulah informasi calon penerimaan mahasiswa baru pada jalur Seleksi Prestasi ITS 2022. Namun, untuk sementara waktu website pendaftaran ditutup menyesuaikan dengan libur dan cuti bersama hari raya Idulfitri pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022. Meskipun demikian, ayo segera persiapkan semuanya dari sekarang. Semoga berhasil!