Mekanisme Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022: Jadwal, Syarat, dan Tahapannya



Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah salah satu program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia dengan tujuan untuk membantu calon mahasiswa yang memiliki potensi akadamik baik namun terkendala oleh biaya, sehingga tetap mendapatkan dan memperoleh hak di perguruan tinggi.

Terkait mekanisme pada saat pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) ini sebetulnya masih sama dengan tahun 2021. Namun, hal yang tetap harus dicermati disini adalah sasarannya, yang mana mahasiswa baru di perguruan tinggi bukan mahasiswa yang saat ini telah berstatus aktif.

Lalu, kapan jadwal beserta persyaratan dan tahapannya pendaftarannya? Simak penjelasannya berikut ini yuk!

Jadwal Pendaftaran dan Penutupan KIP Kuliah Merdeka 2022
1. Pendaftaran Akun (2 Februari 2022 – 31 Oktober 2022)
2. SNMPN (07 Februari 2022 – 17 Maret 2022)
3. SNMPTN (13 Februari 2022 – 27 Februari 2022)
4. UTBK-SBMPTN (22 Maret 2022 – 14 April 2022)
5. SBMPN (05 April 2022 – 29 Juni 2022)
6. Seleksi Mandiri PTN (01 Juni 2022 – 07 Oktober 2022)
7. Seleksi Mandiri PTS (08 Juni 2022 – 31 Oktober 2022)
 
Persyaratan Penerima Bantuan KIP Kuliah Merdeka 2022
1. Penerima Bantuan KIP Kuliah Merdeka 2022 merupakan siswa SMA/Sederajat yang lulus atau akan lulus pada 2022 atau sudah dinyatakan lulus dengan ketentuan maksimal 2 tahun sebelumnya.
2. Peserta yang mendaftar harus memiliki nomor NIK, NISN, dan NPSN yang tentunya valid.
3. Peserta memiliki potensi dalam bidang akademik yang baik, namun memiliki keterbatasan dalam perekonomian. Hal tersebut didukung dengan bukti berupa dokumen yang sah seperti pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KIS), dan sebagainya.
4. Apabila tidak termasuk dalam kriteria poin sebelumnya, harus dibuktikan dengan slip gaji atau pendapatan gabungan orang tua yang bekerja dengan maksimal Rp 4.000.000.
5. Peserta dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru atau diterima di salah satu perguruan tinggi dengan program studi yang diambil sudah terakreditasi.
 
Tahap Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022
1. Seluruh siswa secara mandiri melakukan pendaftaran di laman resmi KIP Kuliah.
2. Masukkan beberapa nomor diantaranya seperti NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang tentunya masih aktif digunakan.
3. Sistem akan memvalidasi data yang ada. Jika berhasil, maka siswa akan menerima pesan email yang berisi Nomor Pendaftaran beserta Kode Akses.
4. Sesuai jadwal, siswa memilih jalur seleksi (SNMPN, SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SBMPN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS) yang akan diikuti.
5. Pihak dari perguruan tinggi selanjutnya memverifikasi data siswa yang sudah lolos pada jalur seleksi yang dipilihnya.
6. Ketika verifikasi dinyatakan berhasil, maka siswa tersebut berhak menerima bantuan berupa biaya pendidikan dan biaya hidup dari KIP Kuliah Merdeka 2022.

Bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan resmi diterima di salah satu perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta, serta turut sebagai calon penerima KIP Kuliah pada tahap selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi terlebih dahulu oleh pihak perguruan tinggi sebelum nantinya diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka 2022 kepada Puslapdik.

Dengan adanya bantuan KIP Kuliah Merdeka ini, harus dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh sampai kamu meraih kesuksesan. Seperti yang dipesankan oleh Kepala Puslapdik, bahwa tidak ada kata terlambat. Kalau memang kamu merasa sudah memenuhi beberapa syarat diatas, silakan mendaftar.

Semoga bermanfaat, terima kasih.