Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Sukses Lulus UTBK yang Perlu Kamu Lakukan



Halo sobat infoptn.id, gimana nih kira-kira sudah siap belum mengikuti UTBK 2022? Sampai sejauh mana nih persiapannya? Meskipun waktu menjelang UTBK masih jauh, alangkah baiknya jangan sampai lupa untuk senantiasa menyempatkan belajar setiap hari ya. Belajar dari jauh hari itu lebih baik lho, daripada buru-buru mendekati waktu ujian.

Mungkin sebagian besar diantara kamu masih bingung gimana caranya supaya ketika melakukan persiapan UTBK itu jauh lebih efektif dan terorganisir dengan baik. Yuk, simak beberapa tips berikut ini.
 
1. Sadari bahwa UTBK sudah di depan mata

Hal kecil satu ini sering kali dilupakan oleh banyak orang, padahal kalau kamu sungguh-sungguh mau menyiapkan UTBK dari sekarang seharusnya memiliki kesadaran mental yang besar bahwa UTBK sudah ada di depan mata. Meskipun, hasilnya itu tidak bisa kelihatan sekarang atau dalam waktu dekat, tapi pasti nanti hasil UTBK-nya akan keluar juga. Jadi, secara tidak langsung bisa dibilang perjuangan yang kamu lakukan saat ini sifatnya jangka panjang.

Terkadang karena terlalu menyepelekan dan merasa kalau UTBK masih jauh, persiapan yang dilakukan pun hanya iseng-iseng saja. Sehingga, ketika waktu persiapan sudah habis maka output yang dihasilkan dari persiapan tersebut sama sekali tidak efektif. Bahkan, sebagian diantaranya yang sudah memiliki kesadaran pun hanya sekadar dalam pikiran saja tanpa aksi nyata.

Untuk membangun kesadaran setiap harinya tentu ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, mulai dari hal sederhana seperti mengganti wallpaper handphone atau laptop dengan kata-kata penyemangat atau bisa saja dengan menempel foto kampus dan jurusan impian pada dinding kamar dan masih banyak lagi.

2. Kerjakan dan bahas soal UTBK tahun-tahun sebelumnya

Mencoba mengerjakan soal UTBK tahun-tahun sebelumnya termasuk salah satu hal yang perlu diperhatikan karena memiliki poin penting tersendiri, seperti untuk mencari tahu pada bagian materi mana yang belum dipahami, mengukur kemampuan sudah sampai mana, pengalaman mengerjakan soal UTBK yang asli, serta masih banyak lagi.

Selain itu, membahas soal UTBK juga sama pentingnya. Kalau kamu tidak teliti dan salah pemahaman bisa saja jawabannya pun menjadi salah, karena terkadang banyak jebakan yang tidak disadari karena kurang fokus. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut kamu bisa membuat strategi tersendiri dalam mengerjakan setiap soalnya. Jadi, ketika nanti menghadapi UTBK yang sebenarnya fisik dan mental kamu tidak akan kaget lagi.

3. Pahami konsep dasar dan perbanyak latihan soal

Biasanya dibagian ini ada yang sudah paham konsepnya tapi kurang latihan atau memang pada dasarnya belum paham konsepnya sama sekali. Ada baiknya kamu rajin melakukan evaluasi. Dengan evaluasi kamu bisa menemukan, apakah kamu itu kurang dalam latihan soal atau memang belum paham konsep dasarnya secara matang, sehingga kedepannya kamu bisa lebih fokus untuk memahami bagian materi tertentu terlebih dahulu beserta latihan soalnya. Konsep dasar itu ibaratnya sebagai pondasi, jadi harus sekuat mungkin. Kalau tidak ketika nantinya bertemu dengan soal yang mengecoh akan kebingungan sendiri.

4. Membuat jadwal belajar sendiri

Sebetulnya jadwal belajar ini kembali lagi pada tipe belajar masing-masing dari kamu, ada yang harus terorganisir secara rapi dan detail ataupun tidak. Namun, dengan adanya bantuan jadwal belajar bisa membentuk kesadaran lebih bahwa kamu harus senantiasa belajar sehingga kamu bisa memanfaatkan sisa waktu menjelang UTBK dan mempersiapkan semuanya dengan matang.
 
5. Mengikuti tryout UTBK secara rutin

Setelah kamu sudah melakukan beberapa alur sebelumnya, jangan lupa juga untuk mengikuti tryout UTBK secara rutin. Tentunya hal tersebut menjadi sangat penting karena kamu bisa menemukan berbagai macam variasi soal sebagai bentuk latihan, jadi tidak hanya mengandalkan soal-soal UTBK tahun sebelumnya. Apalagi saat ini banyak sekali platform yang menyediakan tryout UTBK baik itu secara gratis maupun berbayar.
 
Semoga dengan adanya beberapa tips diatas bisa membantu kamu untuk lebih mempersiapkan UTBK. Sehingga, bisa lulus mencapai kampus dengan jurusan impian masing-masing. Akan tetapi, disamping itu jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa supaya diberi kemudahan serta kelancaran dalam menghadapi semuanya.

So, selamat berjuang untuk UTBK nanti ya!